Saturday, September 23, 2017
Beranda > Konsultasi Islam > Lagi Puasa, Bolehkah Sikat Gigi Pake Odol?

Lagi Puasa, Bolehkah Sikat Gigi Pake Odol?

imsak puasa ramadhanTANYA: Assalamualaikum wr.wb…Selamat Menjalankan ibadah puasa ustad,Smga sntsa di berikan Kshtn jasmani dan Rohani serta di beri Kemudahan sgala urusan..Aamiin..

Ustad Mhn pencerahan’nya.. dalam keadaan Berpuasa,.bolehkah/diperbolehkan menyikat gigi dgn pasta gigi/odol karena alasan biar bersih dan tidak mengganggu orng2 di sekeliling saat kita berbicara dgn Orang lain..mhn penjelasan’nya ustad..Trmksh dan Wassalam

JAWAB: Wa’alaikum salam wr wb. Amin dan terima kasih atas doanya. Menyikat gigi dengan pasta/odol dalam keadaan berpuasa hukumnya mubah (boleh). Tidak ada larangan dan tidak termasuk dalam perkara yang membatalkan puasa. Namun, hati-hati saja, jangan sampai odolnya atau airnya tertelan.

Bahkan, Rasulullah Saw sangat menganjurkan umatnya sikat gigi, terutama ketika hendak shalat.

“Andaikan tidak memberatkan umatku, niscaya perintahkan mereka untuk gosok gigi setiap hendak shalat.” (HR. Bukhari)

“Bersiwak (sikat gigi) bisa membersihkan mulut dan mendatangkan ridha Allah.” (HR. Nasa’i)

Hadits-hadits di atas berlaku dalam setiap keadaan, tidak ada pengecualian, sehingga keumuman hadits mencakup orang yang puasa dan orang yang tidak puasa.

Ulama Arab Saudi kenamaan, Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baz, pernah ditanya, “Apakah seseorang yang berpuasa boleh menggunakan pasta gigi padahal dia sedang berpuasa di siang hari?” Ia menjawab, “Melakukan seperti itu tidaklah mengapa selama tetap menjaga sesuatu agar tidak tertelan di kerongkongan. Sebagaimana pula dibolehkan bersiwak bagi orang yang berpuasa baik di pagi hari atau sore harinya.” (Fatwa Ramadhan).

Pertanyaan yang serupa juga pernah disampaikan kepada Syaikh Muhammad bin Shalih al- Utsaimin, “Apa hukum menggunakan pasta gigi bagi orang yang berpuasa di siang hari bulan Ramadan?” Ia menjawab, penggunaan pasta gigi bagi orang yang sedang berpuasa tidaklah mengapa (boleh) jika pasta gigi tersebut tidak sampai masuk ke dalam tubuhnya (tidak sampai ia telan). Akan tetapi, yang lebih utama adalah tidak menggunakannya, karena pada pasta gigi terdapat rasa yang begitu kuat yang bisa jadi masuk ke dalam perut seseorang tanpa dia sadari.” Wallahu a’lam.*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya
http://www.localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org/

6 thoughts on “Lagi Puasa, Bolehkah Sikat Gigi Pake Odol?

  1. Menggosok gigi menurut penjelasan diatas memang hukumnya mubah yang penting jangan sampai ada yang tertelan baik odol apalagi airnya, tetapi apakah kita tau dan menjamin bahwa satu tetes air tidak ada yg tertelan ? mengapa kita kita selalu merasa risih dengan bau mulut kita padahal kita sedang berpuasa, bau mulut itu sudah lumrah tinggal menyiasatnyai dengan hal yang tidak beresiko membatalkan puasa atau yang mengurangi pahala berpuasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *