Friday, December 15, 2017
Beranda > Dunia Islam > Lagi, Puluhan Demonstran Mesir Tewas

Lagi, Puluhan Demonstran Mesir Tewas

Egypt Plays Back ‘Day of Rage’Menurut Fox News, setidaknya 50 orang tewas dalam aksi protes Jumat kemarin dan jumlah ini terus berkembang. Dua belas orang juga dilaporkan tewas di kota Delta Nil dan empat lainnya di Ismailia.

Ratusan ribu warga Mesir kembali turun ke jalan, Jumat (16/8), guna mengutuk pembantaian demonstran sekaligus menolak pemerintahan militer yang mengkudeta presiden sah hasil pemilu Muhammad Mursi.

Menyerukan agar pemerintahan militer mundur, pengunjuk rasa berhamburan keluar dari masjid setelah shalat Jumat. Kaum wanita juga bergabung dalam aksi ini.

“Cepat atau lambat saya akan mati. Lebih baik mati untuk hak-hak saya daripada di tempat tidur. Senjata tidak membuat kami takut,” kata Sara Ahmed, 28, seorang manajer bisnis. Wanita ini  bergabung dengan ribuan demonstran menuju pusat kota dari timur laut Kairo.

“Ini bukan tentang Ikhwanul Muslimin. Ini tentang hak asasi manusia,” imbuh demonstrasn wanita yang tidak mengenakan jilbab ini.

Menurut Fox News, setidaknya 50 orang tewas dalam aksi protes Jumat kemarin dan jumlah ini terus berkembang. Dua belas orang juga dilaporkan tewas di kota Delta Nil dan empat lainnya di Ismailia.

Sebelumnya, Rabu (14/8), kamp demonstran pro-Mursi dibubarkan paksa militer dan menewaskan sedikitnya 638 orang yang memicu kecaman internasional.

Youssef Talaat, anggota Aliansi Nasional untuk Pertahanan Legitimasi, sebuah koalisi partai-partai Islam dan aliansi tokoh pendukung Mursi, menyebutkan korban tewas 2.600 jiwa.

“Kami tidak memiliki senjata. Kami tidak memiliki Kalashnikov,” kata Jamal Salam, seorang demonstran, di tengah deru mesin helikopter militer di udara dan suara tembakan dari arah yang tidak diketahui. “Mereka menembak kami,” tegasnya. (mel/onislam.net/localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org).*

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *