Friday, December 15, 2017
Beranda > Featured > Majelis Taklim Tai Po Mendapatkan Penyuluhan dari KJRI

Majelis Taklim Tai Po Mendapatkan Penyuluhan dari KJRI

penyuluhan kjriDDHK News, Hong Kong – Teman-teman BMI Hong Kong jika ingin mengadakan acara yang bersifat penyuluhan ketenaga kerjaan, kesehatan, dan hukum  bisa mengajukan proposal ke KJRI HK melalui surat. KJRI bisa menyediakan tempat seperti ruangan Mezanin secara gratis, jangan sungkan sungkan nanti kita tanggapi.

Hal itu di sampaikan oleh Konsuler I KJRI HK Hari Budiarto di hadapan 150 orang jamaah Majelis Taklim Cab. Tai Po pada acara penyuluhan dari KJRI di atas jembatan Tai Po Centre, Ahad (23/12). Ia hadir bersama Sendra Utami (Bidang Ketenagakerjaan KJRI), Agus (Konsul Kejaksaan) dan Heni (Bidang Bea dan Cukai.

Konsuler Hari menyampaikan pesan kepada jamaah agar bekerja jangan lupa dengan tujuan awal kita ke Hong Kong dan jangan lupa untuk memikirkan menabung dan mencari ilmu belajar keterampilan untuk dibawa pulang. “Banyaklah beramal kebaikan karena akan memudahkan timbangan kebaikan kita dan bekerjalah dengan niat ibadah,” tuturnya.

Konsuler Agus menambahkan, jika ada teman-teman BMI HK dan Macau yang mengalami masalah dengan agency atau majikan, bisa melaporkan ke KJRI HK. “Saya akan memberikan perlindungan dan bantuan hukum kepada BMI HK dan Macau yang kena masalah hukum dengan menunjuk lawyer-lawyer yang ada di Hong Kong & Macau,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, di Hong Kong dan Macau terdapat 10 penjara. Di penjara Lowu ada 80 orang, salah satunya adalah kasus pencurian dan overstay.

“Imbauan kami agar teman-teman yang sudah finish kontrak pulang atau mencari majikan baru, bukan over stay dengan bekerja di toko atau di restoran yang jelas melanggar peraturan pemerintah Hong Kong. Apabila overstay dan ketangkap polisi, maka akan di penjara,” katanya.

Ia juga meminta BMI berhati-hati terhadap penipuan melalui SMS, jangan sampai percaya SMS yang berdalih undian, jangan punya utang-piutang dengan bank finance dan rentenir, hati-hati dengan orang asing yang mengajak pacaran untuk dimanfaatkan penyelundupan narkoba, hati-hati dengan orang orang yang menjual susuk atau jimat. “Jangan percaya hal itu, katanya”.

“Pemalsuan dokumen nama tempat tanggal lahir di ID Card harus sesuai dengan di paspor, jika ada pemalsuan ID maka bisa di penjara minimal 10 bulan.”

Sendra Utami juga mengimbau kepada jamaah, apabila masih menerima gaji underpayment harus berani melaporkan ke KJRI. Jika tidak berani ngomong langsung ke KJRI, maka bisa minta bantuan ke organisasi-organisasi yang ada di Hong Kong.

“Akan tetapi BMI yang bersangkutan harus berani tidak takut untuk lapor karena nanti kita pertemukan dengan majikan. Kalu teman-teman takut diinterminit, kita masih ada kesempatan mencari majikan baru.”

“Apabila tidak di berikan gaju full, hak libur dan penahanan dokumen maka teman-teman bisa melaporkan ke KJRI, maka kita bantu penyeleseianya tatau datang langsung ke KJRI.”

KJRI Hong Kong beralamat  di 127-128 Leighton Road, Causeway Bay,Hong Kong, Tel : 2890 4421 Fax 2895 0139 Web : www.indonesian-consulate.hk. (Lutfiana Wakhid/localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org).*

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *