Friday, October 20, 2017
Beranda > Dunia Islam > Masjid Sheikh Zayed UEA Jadi Daya Tarik Wisatawan

Masjid Sheikh Zayed UEA Jadi Daya Tarik Wisatawan

DDHK News — Masjid Agung Sheikh Zayed menarik 330.000 pengunjung selama Januari. Angka yang dirilis hari Rabu mengatakan, jumlah pengunjung tertinggi terjadi 29 Januari dengan 29.000 pengunjung dari seluruh dunia.

Masjid berjuluk “Mutiara Putih dari Teluk” dan jadi ikon nasional baru Uni Emirat Arab (UEA) itu dibangun dengan dana tiga milyar dirham. Bangunan masjid menggunakan bahan bangunan terbaik dari seluruh dunia. Luasnya setara dengan sekitar ukuran lima lapangan sepak bola dan dapat menampung 40.960 orang.

Lebih dari 3.000 pekerja dan 38 perusahaan kontraktor terkenal ambil bagian dalam pembangunan masjid yang menggunakan pengrajin dan bahan dari negara-negara seperti Italia, Jerman, Maroko, India, Turki, Iran, Cina, Yunani dan UEA.

Masjid ini memiliki 82 kubah desain Maroko, semua dihiasi dengan marmer putih. Menurut Pusat Penelitian Turki untuk Sejarah Islam dan Kebudayaan, kubah utama masjid itu seluas 32,8 meter dengan ketinggian 70 meter dari dalam dan 85 meter dari luar –terbesar dari jenisnya.

Masjid itu juga memiliki empat menara yang indah yang hampir 107 meter masing-masing di empat sudut masjid. Bunga berwarna marmer dan mosaik membuka halaman 17.000 meter persegi yang dihiasi dengan marmer putih dari Yunani.

Daya tarik utama Sheikh Zayed Grand Mosque pada fitur struktur yang menggambarkan estetika seni Islam dan keunikannya. Wisatawan bisa mengagumi kemegahannya dari jam 09.00 pagi sampai 08.00 malam setiap hari.

Pengunjung juga bisa mengunjungi perpustakaan, termasuk buku, manuskrip langka, dan ensiklopedi Islam, peradaban dan hubungan dengan sisa peradaban dunia.

Pembangunan Masjid Agung Sheikh Zayed disponsori dan didukung oleh Sheikh Mansour Bin Zayed Al-Nahyan, wakil perdana menteri dan menteri urusan kepresidenan Uni Emirat Arab. (Mel/Arab News/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *