Monday, September 25, 2017
Beranda > Konsultasi Islam > Menambah Kata ‘Sayidina’ di Depan Muhammad Saw

Menambah Kata ‘Sayidina’ di Depan Muhammad Saw

Apakah menyebut kata Muhammad Saw harus didahului kata “Sayidina”? Trims atas jawabannya. (Eka)

JAWAB: Tidak ada ayat Al-Quran ataupun Al-Hadits yang secara tegas dan jelas mengharuskan demikian. Nabi Muhammad Saw sendiri menolak dipanggil “Sayidina” (artinya “penghulu atau pemimpin kami”) sebagai bentuk kerendahan hati (tawadhu’) beliau. Dalam bahasa Indonesia, “Sayyidina” sering diterjemahkan dengan “Baginda” sebagai kata panggilan penuh hormat.

Hemat kami, dalam shalat, tidak boleh menambahkan kata itu karena kita diperintahkan shalat seperti yang Rasulullah Saw lakukan, tidak boleh menambah ataupun mengurangi bacaannya. Rasulullah SAW bersabda: “Katakanlah oleh kalian: Allahumma Shalli ‘Alaa Muhammad.”

Jika di luar shalat, hemat kami tidak apa-apa alias boleh, sebagai bentuk penghormatan atau ungkapan perasaan cinta kepada beliau. Sebagian ulama membolehkannya berdasarkan QS An-Nur: 63: ““Janganlah kamu jadikan panggilan Rasul di antara kamu seperti panggilan sebagian kamu kepada sebagian (yang lain).”

Jumhur ulama membolehkan pemakaian Sayyidina di depan kata Muhammad Saw selain dalam bacaan shalat, adzan, dan iqamat. Meskipun demikian, bukan berarti mereka yang menambahkan dengan kata Sayyidina menjadi batal dan berdosa karena banyak juga ulama yang membolehkannya.

Para ulama memang berbeda pendapat tentang hal itu, namun tidak boleh menjadikan saling klaim paling benar dan merusak ukhuwah Islamiyah. Wallahu a’lam.*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya
http://www.localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *