Tuesday, November 21, 2017
Beranda > Dunia Islam > Michigan AS Akan Larang Syariah Islam

Michigan AS Akan Larang Syariah Islam

Hiruk-pikuk untuk melarang syariah Islam di sejumlah negara bagian di Amerika Serikat, kini telah mencapai Michigan. Ide pelarangan syariah Islam di  sini memicu badai kritik dari para pejabat dan pemimpin umat beragama yang berbeda.

“RUU Larangan Syariah Islam seperti itu di seluruh Amerika akan mengekang ‘hak-hak tertentu’ umat Islam, juga umat Katolik dan Yahudi, selain mempromosikan kefanatikan dan xenophobia,” kata Rashida Tlaib, satu-satunya anggota parlemen di State House, sebagaimana dilaporkan Detroit Free Press.

Penggagas larangan syariah Islam itu adalah anggota senat dari Partai Republik, Dave Agema. Dia yang mengusulkan adanya RUU yang melarang Syariah Islam di negara bagian Michigan. Dalam draft RUU disebutkan, syariah Islam tidak akan diakui di pengadilan Michigan.

Mirip dengan rancangan peraturan di negara-negara bagian lain, RUU Michigan juga tidak menyebutkan syariah secara khusus, tetapi diperkenalkan untuk mencegah penggunaan hukum Islam.

November lalu, pengadilan federal memblokir amandemen konstitusi yang akan melarang penggunaan Syariah Islam di Oklahoma.

Dalam Islam, syariah mengatur semua masalah dalam kehidupan Muslim, dari ibadah harian untuk hingga urusan pernikahan dan warisan. Aturan Islam tidak berlaku bagi non-Muslim, bahkan jika dalam sengketa dengan non-Muslim.

Para pemimpin Muslim Michigan mengecam usulan RUU anti-Syariah Islam  tersebut. “UU tersebut hanya menjadi semacam kampanye anti-Muslim,” kata Dawud Walid, Kepala Council on American-Islamic Relations (CAIR) cabang Michigan.

Para pemimpin Muslim meminta warga Michigan untuk menghubungi legislator negara mereka untuk menentang RUU tersebut.

Victor Begg, seorang Republikan terkemuka dan pendiri Dewan Organisasi Islam Michiga, menyebut RUU itu “mengerikan.”

Sejak 9/11, Muslim AS, diperkirakan antara enam menjadi tujuh juta jiwa, kerap menjadi korban diskriminasi. Hak-hak sipil mereka terkikis akibat adanya cap negatif terhadap Islam.

Ada 800 insiden kekerasan, ancaman, dan vandalisme terhadap kaum Muslim AS sejak tahun 2001. Estimasi menunjukkan, 14 persen diskriminasi agama dilaporkan terjadi terhadap kaum Muslim. (Mel/OnIslam.net/ddhongkong.org).*

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *