Wednesday, September 19, 2018
Beranda > Dunia Islam > Militer Mesir Serbu Masjid Al-Fath

Militer Mesir Serbu Masjid Al-Fath

krisis mesirPasukan kemanan Mesir berhasil menyerbu masuk dan membersihkan Majid al-Fath yang dipakai sebagai tempat berlindung peserta aksi demonstrasi pendukung Ikhwanul Muslimin, tulis media milik negara itu.

Seluruh pemrotes telah digelandang keluar masjid dan banyak diantara mereka lalu ditahan kata pejabat keamanan setempat.

Barikade di dalam masjid dilakukan peserta protes sebagai bentuk perlawanan setelah aparat keamanan menembaki pendukung presiden yang digulingkan, Mohammad Morsi. Aksi bertahan dalam masjid berlanjut hingga Sabtu (17/08).

Masjid itu jadi tempat para pemrotes untuk merawat korban luka serta menyolatkan jenazah kawan mereka yang jadi korban dalam bentrokan Jumat (16/08) sebelumnya.

Para pendukung Ikhwanul Muslimin juga menggunakan berbagai benda sebagai barikade untuk melindungi pintu masjid dari serbuan pasukan keamanan.

Dilaporkan tembakan gas air mata diarahkan ke dalam masjid, juga tembakan peluru dan tembakan balasan sedikitnya dari satu orang yang berada di menara masjid.

Pejabat sementara perdana menteri Mesir telah mengajukan proposal agar organisasi Ikhwanul Muslimin kembali dibekukan, setelah dilarang di bawah pemerintahan Presiedn terguling Hosni Mubarak yang memimpin Mesir sejak 1954.

Pada perkembangan lain, aksi demonstrasi kian panas dan terus menyebar ke berbagai kota di Mesir, hingga Sabtu malam sebagai balasan atas pengumuman pemerintah yang memberlakukan jam malam.

Gambar-gambar yang disiarkan televisi setempat menunjukkan aksi protes di kota terbesar kedua Mesir Iskandariah, serta Helwan dan Minya di selatan Kairo.

Sejumlah tank nampak disiagakan dekat jalan-jalan di kota pantai Iskandariah.

Ikhwanul Muslimin menyerukanaksi protes terus-menerus sejak kamp yang menjadi markas aksinya di Kairo dibubarkan militer Rabu (14/08) dan mengakibatkan ratusan pendukungnya tewas. Bentrok susulan pada Jumat (16/08) menewaskan sedikitnya 173 orang. (BBC).*

 

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *