Saturday, November 18, 2017
Beranda > Featured > Mompreneur Community Gelar Tausiyah Dan Konsultasi Kesehatan

Mompreneur Community Gelar Tausiyah Dan Konsultasi Kesehatan

Mompreneur Community2DDHK News – Hong Kong — Dalam tubuh manusia terdapat segumpal daging, yaitu hati. Dimana kalau hatinya baik maka baiklah semuanya pun begitu jika hatinya buruk maka buruklah semuanya.

“Dan kami turunkan dari Al Qur’an (sesuatu) yang menjadi penawar dan Rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (Al Qur’an itu) hanya akan menambah kerugian.

Pola hidup yang tidak sehat memang sangat rentan terjangkit berbagai macam penyakit, apalagi kalau sudah menyangkut makanan. Kadang kita lupa melihat berbagai menu makanan enak serasa ingin melahap semuanya tanpa memikirkan pola hidup sehat. Apalagi pola hidup sehat ala Rasulullah.

Ahad, 24 Mei 2015 dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan bertempat di lantai satu Aula Ramayana KJRI yang terletak di Causeway Bay, Mompreneur Community gelar tausiyah dan konsultasi kesehatan dengan tema “sehat dengan mudah, murah sesuai Al Qur’an Dan As Sunnah”.

Hadir dalam acara ini yaitu Arif Aditya, S.E (Ketua Salam UI 2013-2014) yang juga merupakan manager Operasional DDHK, drg.Ratih P.Hasan selaku pemateri, dan Dr.Halimatussa Diah, MKM juga selaku pemateri.

Dalam sambutanya Arif Aditya selaku pengisi tausiyah menjelaskan tentang bagaimana cara hidup sehat ala Rasulullah apalagi bulan suci ramadhan segera tiba, dan ini sangat penting sekali.

Kita sangat beruntung punya Rasulullah yang memberikan teladan yang baik. Rasul memberikan contoh dari hal yang kecil, misal dari bangun tidur sampai urusan yang besar.

Menjaga kesehatan rohani dan jasmani harus seimbang, apabila keduanya dijalankan dengan baik otomatis pola hidup sehat akan tercapai. Menjaga kesehatan iman itu terdiri dari lima aspek, diantaranya adalah berakhlak yang baik, sholat dengan semua aspeknya, puasa dengan semua aspeknya, zakat dan infak, serta haji, lanjut beliau dalam tausiyahnya.

Dan dalam isi materinya, dokter gigi Ratih juga menjelaskan tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi selama berpuasa. Apabila puasa diniatkan dengan baik selain merasa dekat dengan Allah, dilihat dari sisi kedokteran puasa juga sangat baik bagi kesehatan tubuh, penyakit kronis bahkan kolesterol pun bisa sembuh dengan berpuasa.

Manfaat puasa untuk kesehatan gigi dan mulut juga sangat luar biasa manfaatnya. Penelitian membuktikan bahwa dengan berpuasa imunitas tubuh meningkat sehingga tubuh bisa berkonsentrasi untuk memperbaiki sel-sel yang rusak, energi tubuh yang tidak berhenti mencerna makanan jadi terkendali, dan sakit gigi atau gusi ringan bisa sembuh.

Bedanya gigi dan mulut saat berpuasa dan tidak berpuasa adalah enzim berkurang dan makan minimum pun tidak boleh sembarangan. Dan perlu di ingat bahwa selama berpuasa hindari minuman bersoda selain tidak baik untuk kesehatan, minuman bersoda juga tinggi kalori yang menyebabkan akan cepat haus.

Begitu juga saat sahur alangkah baiknya tidak minum kopi atau teh karena dalam dalam kopi ataupun teh mengandung zat diuretik, yaitu zat yang cenderung ingin cepat kencing atau beser. Karena kita harus menjaga cairan tubuh selama berpuasa, tambahnya.

Mulut dan bibir yang kering juga akan mudah terserang sariawan. Apabila sariawan hindari makanan yang pedas dan asin.

Apabila terjadi gejala sariawan yang hilang timbul ditempat yang sama tidak berpindah -pindah misal di langit-langit dekat gigi taring ini harus diwaspadai karena bisa jadi ini tanda kanker.

Perhatikan juga kesehatan mulut saat berpuasa. Karena saat berpuasa bau mulut kadang menimbulkan ketidaknyamanan.
Bau mulut (Halitosis) disebabkan karena dua hal yaitu dari rongga mulut disebabkan karena gigi berlubang atau karang gigi dan yang kedua yaitu dari pencernaan disebabkan karena gangguan pencernaan atau diabetes.

Sunnah yang dianjurkan dalam berpuasa diantaranya adalah rajin baca Qur’an dan berwudhu.
Penelitian dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyatakan bahwa membaca Al Qur’an dengan makhroj yang benar akan menghasilkan air liur yang cukup, bibir dan mulut tidak kering dan mengurangi bau mulut.
Dalam mulut yang kering akan menyebabkan berkembangnya bakteri jahat.

Selain konsumsi sayur dan buah agar tetap sehat, makan asem juga baik untuk merangsang air liur agar mulut tidak kering, tambahnya.

Master kesehatan masyarakat UI, program pascasarjana dr. Halimatussa Diah, MKM juga menjelaskan tentang kesehatan wanita terutama tentang kanker serviks.

Penting untuk diingat bahwa kanker serviks adalah kanker yang banyak menyebabkan kematian pada perempuan. Kanker serviks bisa dicegah dengan deteksi sedini mungkin dengan PAP SMEAR dan vaksinasi HPV VAKSIN.

Gejala klinik yang timbul dari kanker serviks yaitu: tidak ada keluhan pada stadium dini, keputihan yang tidak bisa sembuh, abnormal cairan-cairan vagina (kuning putih dan berbau), Pendarahan per vagina abnormal (spotting setelah berhubungan seksual, pendarahan diantara periode menstruasi, jumlah darah menstruasi lebih banyak dari biasanya), dan nyeri saat berhubungan seksual

Hindari atau pilihlah pembalut wanita yang tidak mengandung jel, karena ini bisa juga menyebabkan kanker serviks, imbuhnya.

Acara yang dimulai pukul 10:00 dan berakhir pukul 17:00 yang dihadiri sekitar 235 BMI berjalan dengan lancar.

Ratusan hadiah yang disediakan panitia menambah semangat para peserta. Acara ditutup dengan pembagian hadiah serta door prize kepada peserta. (localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org/dompetdhuafa.org)

Mompreneur Community5Mompreneur Community3Mompreneur Community1

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *