Sunday, December 17, 2017
Beranda > Hong Kong > Muhasabah Saikul Lail Ungkap Makna Isra’ Mi’raj Modern

Muhasabah Saikul Lail Ungkap Makna Isra’ Mi’raj Modern

jaka tarub salikul lail 1

jaka tarub salikul lail 1 jaka tarub salikul lail 2DDHK News, Hong Kong — Menyambut peringatan Isra’ dan Miraj Nabi Saw, organisasi pengajian BMI Hong Kong Saikul Lail menggelar Muhasabah dan Tausyiah bersama Ustadz Rizky Yakub aka Jaka Tarub, Ahad (27/3), di Masjid Jami’ Tsim Sha Tsui (TST) Kowloon.

Ust. Jaka mengatakan, sebelum di bawa oleh Jibril, Nabi Saw dibaringkan lalu dadanya dibelah dan hatinya dibersihkan dengan air zamzam. “Apakah hati Rasulullah kotor? Pernahkan Rasulullah Saw berbuat dosa? Apakah Rasulullah punya penyakit “dendam”, dengki, iri hati, atau berbagai penyakit hati lainnya?” tanyanya retoris.

“Tidak…sungguh mati…tidak, ” ujarnya. “Beliau hamba yang ma’shum (terjaga dari berbuat dosa). Lalu apa signifikansi dari pensucian hatinya? Rasulullah adalah sosok uswah, pribadi yang hadir di tengah-tengah umat sebagai muballigh (penyampai), pribadi unggul yang harus menjadi teladan semua yang mengaku pengikutnya.”

Dijelaskan, pembersihan hati Rasul tersebut bermakna sebelum melakukan perjalanan, kita harus membersihkan hati. Kita semua sedang dalam perjalanan. Perjalanan suci yang seharusnya dibangun dalam suasa kefitrahan. Berjalan dari-Nya dan juga menuju kepada-Nya.

“Dalam perjalanan ini diperlukan lentera, cahaya, atau petunjuk agar selamat menempuhnya. Hati yang intinya sebagai nurani, itulah lentera perjalanan hidup,” lanjutnya.

Dijelaskannya, Isra Miraj di era modern bisa diartikan sebagai kenaikan akhlak dari diri kita semua, melangkah ke jalan yang lebih baik, dengan meninggalkan segala penyakit dan kekotoran hati, serta meningkatkan kualitas iman dan takwa. (amy utamy/localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org).*

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *