Saturday, June 23, 2018
Beranda > Dunia Islam > Muslim Chicago Gelar Festival Muslim 15 Juni

Muslim Chicago Gelar Festival Muslim 15 Juni

pemimpin-iman-rami-nashishibiKota Chicago, Amerika Serikat, akan diramaikan dengan sebuah festival yang dihelat kaum muslimin pada musim panas tahun ini. Ribuan peserta diprediksi akan mengikuti festival muslim jalanan yang akan digelar pada 15 Juni 2013.

Acara tersebut diselenggarakan Inner-City Muslim Action Network (Iman) untuk pertama kalinya di jalanan bagian selatan kota di Amerika Serikat itu. Festival itu akan menampilkan beragam seni yang dimeriahkan sejumlah seniman dan musisi.

Beberapa artis seperti musisi hiphop terkenal Mos Def dan artis Chicago Lupe Fiasco juga akan ikut beratraksi dalam festival. Beberapa karya seni akan dipamerkan di jalanan perkotaan Chicago.

Melalui festival, Iman berkeinginan membaurkan masyarakat umum dan muslimin dalam sebuah acara, berkumpul bergembira tanpa memandang latar belakang agama. Promosi perdamaian dalam kebersamaan diharapkan dapat lahir melalui festival. Menginspirasi perubahan sosial, demikian rumusan tujuan organisasi non-profit tersebut.

Pemimpin Iman, Rami Nashashibi, mengatakan, komunitas muslim masih belum dapat berkomunikasi baik dengan masyarakat umum. Pihaknya pun bermaksud membaurkan kedua komunitas sehingga etnis muslim tak lagi tersisihkan.

“Salah satu hal yang saya sadari, bahwa kami membutuhkan sebuah komunitas berbasis organisasi yang menghubungkan sektor komunitas kita, baik di area urban ataupun di sektor kelas menengah yang lebih besar dari komunitas muslim,” ujarnya dikutip dari National Public Radio.

Selain membantu interaksi muslimin di ranah sosial, acara festival juga bermaksud memperbaiki citra Islam di tengah masyarakat AS. Mengingat sejak insiden 9/11, Islam selalu diidentikkan dengan aksi kekerasan.

“Kami masih hidup di negara dimana, sayangnya, ¬†banyak orang Amerika masih mengasosiasikan Islam dengan kekerasan. Penelitian Pew terbaru mencatat 50 persen orang Amerika lebih cenderung untuk berfikir tentang Islam sebagai agama yang mempromosikan kekerasan dibanding negara lain,” kata Nashashibi prihatin. (NPR/ROL).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *