Friday, July 20, 2018
Beranda > Dunia Islam > Muslim Indonesia Gelar Aksi Solidaritas untuk Mesir

Muslim Indonesia Gelar Aksi Solidaritas untuk Mesir

saveegypt bundaran hi4saveegypt yogyasaveegypt bundaran hisaveegypt bundaran hi2saveegypt bundaran hi3aksi solidaritas untuk mesirDDHK News, Indonesia — Umat Islam di berbagai kota besar di Indonesia turun ke jalan ba’da Jumat (16/8/2013) guna mengutuk pembantaian demonstran oleh militer Mesir.

Massa menyuarakan “Selamatkan Mesir” (Save Egypt) dan “Doa untuk Mesir” (Pray for Egypt).

Di Jakarta, aksi demo dari berbagai elemen umat Islam dipusatkan di Bundaran HI, Kedubes Mesir, Kedubes Amerika, dan Kantor Perwakilan PBB.

Sebagian massa di Bundaran HI menggalang dana dolidaritas rakyat Mesir.

Di depan kantor Perwakilan PBB, Jakarta Pusat, massa dari lima lembaga kemanusiaan –Dompet Dhuafa, ACT, PKPU, YDSF, dan Forum Zakat– yang tergabung dalam South East Asia Humanitarian Comitee (SEAHum) menggelar aksinya setelah berkumpul di Bundaran HI.

Para demonstran mengenakan jaket lembaganya masing-masing dengan membawa spanduk bertuliskan “Free Egypt” dan “Stop Killing”. Mereka juga meneriakan yell “Untuk Mesir..Untuk Mesir” kemudian disambung dengan takbir.

Pernyataan sikap SEAHum yang disampaikan kepada perwakilan PBB adalah:
1. Mengutuk keras tindakan kekerasan yang dilakukan pemerintah militer Mesir terhadap rakyat sipil.
2. Meminta PBB dan Amnesty internasional untuk melakukan penyelidikan independen.
3. Meminta Presiden SBY untuk menyatakan sikap mewakili negara berpenduduj muslim terbanyak.
4. Menyerukan kepada semua negara, organisasi internasional, dan lembaga kemanusiaan untuk menyelenggarakan konferensi dukungan perdamaian di Mesir.
5. Menyerukan kepada semua lembaga kemanusiaan untuk memberikan pertolongan dan bantuan bagi korban kekerasan di Mesir.

Di Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta Selatan, selepas shalat Jumat, jamaah melakukan shalat gaib bagi korban pembantaian di Mesir. Shalat gaib ini diikuti sekitar 1.000 jamaah.

“Marilah kita lakukan salat gaib bagi korban-korban tentara Mesir yang jumlahnya mencapai ratusan orang. Semoga saudara-saudara kita menjadi kaum yang syahid,” ujar Imam Masjid Agung Al Azhar, H Bukhori.

Usai Jumat, lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) melepas tiga relawan medis ke Mesir pada Minggu (18/8/2013).

Di Yogyakarta, massa yang tergabung dalam Aksi Masyarakat Yogyakarta untuk Kemanusiaan (AMUK) Mesir menggelar aksi solidaritas dari halaman DPRD DIY menuju Titik Nol Kilometer Yogyakarta. Massa juga menggelar shalat gaib di depan Gedung Agung.

Aksi demonstrasi mengecam kekerasan terhadap demonstran pro-Presiden Muhammad Mursi di Mesir juga berlangsung di Medan, Sumatra Utara. Ratusan orang berkumpul di Masjid Agung menyampaikan desakan agar perdamaian segera dilakukan.

Aksi demo itu diakhiri dengan doa bersama, dan pengumpulan infak untuk korban kekerasan di Mesir. Dana yang terkumpul sekitar Rp39 juta dan dua jam tangan. Rencananya malam ini juga dana itu dikirim ke Jakarta untuk seterusnya dikirim ke Mesir. (Mel/Antara/Liputan6/Detik/Republika/localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *