Saturday, August 19, 2017
Beranda > Dunia Islam > Muslim Inggris Kutuk Terorisme dan Serukan Perdamaian

Muslim Inggris Kutuk Terorisme dan Serukan Perdamaian

Ribuan umat Islam Inggris menggelar pertemuan akbar arena Wembley, London, Sabtu (24/9), untuk menentang ekstrimisme dan mempromosikan Islam yang moderat dan inklusif.

Acara bertajuk “konferensi perdamaian untuk kemanusiaan” itu dipimpin cendekiawan Muslim kelahiran Pakistan, Muhammad Tahir-ul-Qadri,  yang pernah mengeluarkan fatwa menentang terorisme dan bom bunuh diri tahun lalu.

“Saya ingin meluruskan mereka yang memiliki kesalahpahaman total  tentang jihad. Saya ingin mengirim pesan kepada mereka agar kembali kepada kehidupan normal. Apa pun yang Anda lakukan (dengan aksi terorisme) itu benar-benar bertentangan dengan ajaran Islam,” kata Qadri dalam pidatonya di depan peserta konferensi.

Beberapa sarjana Islam, termasuk Tahir-ul-Qadri, telah memperingatkan bahwa kekosongan kekuasaan di Afrika Utara dan Timur Tengah dapat menyebabkan kelompok-kelompok militan dan ekstremis mendapatkan kesempatan dalam pemilu mendatang .

“Jika kelompok ekstremis itu berkuasa, itu akan menjadi bencana besar,” kata Tahir-ul-Qadri. Ia menilai, kelompok ekstremis yang sering melakukan aksi kekerasan itu sudah mengalami “pencucian otak”.

Lembaga penyelenggara pertemuan, Minhaj-ul-Quran International, pimpinan Muhammad Tahir-ul-Qadri , mengatakan, acara itu dihadiri oleh sekitar 12.000 orang dan disiarkan ke beberapa negara.

Peserta konferensi –di antaranya perwakilan dari agama-agama lain, seperti Kristen, Hindu, Budha– meneriakkan slogan-slogan anti-rasis dan mengeritik aksi terorisme.

Muhammad Tahir Qadri menegaskan, Islam adalah agama damai dan tidak ada hubungannya dengan terorisme. Ia mencatat, 99% kaum Muslim di seluruh dunia mendukung perdamaian, namun diakuinya, ada minoritas radikal yang mendukung terorisme dan mengatasnamakan Islam. (Mel/Thepeninsulaqatar.com/Panarmenian.net/AP).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya
http://www.localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *