Sunday, November 19, 2017
Beranda > Dunia Islam > Muslim Irlandia Nikmati Spiritualitas Ramadhan

Muslim Irlandia Nikmati Spiritualitas Ramadhan

Kaum Muslim Irlandia menggambarkan Ramadhan sebagai kesempatan untuk ketenangan pikiran dan mendekat diri kepada Allah Swt. OnIslam.Net (6/8) mengabarkan, Muslim Irlandia penuh gairah untuk lebih dekat kepada Allah dan mengeratkan persaudaraan satu sama lain dalam masyarakat.

“Ramadhan adalah ujian yang ditetapkan oleh Allah dan kesempatan untuk lebih dekat kepada Allah dan memuji-Nya,” kata Khurrum Khan, seorang akuntan yang tinggal di Co Meath, kepada Irish Times (6/8).

Khan melihat bulan suci Ramadhan sebagai kesempatan untuk mengatasi kebiasaan buruk dan berusaha lebih dekat dengan Allah. “Ada ratusan manfaat berpuasa di bulan ini,” kata Khan.

“Ini bukan hanya tentang puasa. Saya lebih spiritual dan saya melakukan perbuatan yang lebih baik selama Ramadhan dibandingkan bulan-bulan lainnya. ”

Seperti Muslim Irlandia lainnya, Khan bangun sekitar pukul 03:15 untuk santap sahur. Ia bergabung dengan jutaan umat Islam lain di seluruh dunia untuk berpuasa. Muslim Irlandia berpuasa sekitar 18 jam, dari Subuh hingga Magrib.

“Ketika Anda memiliki gairah yang kuat dan akan melakukan sesuatu, itu (puasa selama 18 jam) tidak sulit,” kata Khan.

Bheendiya Qureshi, Muslim Irlandia lainnya, menganggap Ramadhan sebagai kesempatan sangat baik untuk membawa keluarga dan komunitas Muslim lebih dekat satu sama lain.

Setiap hari ia buka puasa bersama suami dan putrinya yang berusia empat tahun dan teman-teman mereka. Qureshi yang masuk Islam dari Hindu lima tahun lalu dan tinggal di Dublin tetap berpuasa tahun ini meskipun sedang hamil empat bulan.

“Saya berkonsultasi dengan dokter dan ia mengatakan baik-baik saja. Saya merasa baik dan tidak merasakan gangguan,  saya akan terus berpuasa, “katanya.

Hameed Ramadan, Muslim lainnnya, selalu sibuk dan menyediakan makanan buka puasa di masjid Talbot Street untuk 200 Muslim setiap malam. Ia menggratiskan makanannya.

Jumlah kaum Muslim di Irlandia sekitar 45.000 jiwa. (Mel/OnIslam/ddhongkong.org).*

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *