Wednesday, September 19, 2018
Beranda > Dunia Islam > Muslim Jerman Bangun Masjid Ekologis Pertama di Dunia

Muslim Jerman Bangun Masjid Ekologis Pertama di Dunia

Muslim Jerman berencana membangun masjid pertama di dunia yang dilengkapi turbin angin di menaranya untuk menghasilkan listrik. “Kami berpikir tentang bagaimana kita bisa menggabungkan elemen simbolis penting arsitektur religius dan melengkapinya engan fungsi baru,” kata arsitek Selcuk Unyilmaz kepada The National seperti dikutip OnIslam (23/6).

Rencanya masjid ekologis tersebut dibangun di Norderstedt, sebuah kota dekat Hamburg. Kedua menaranya setinggi 22 meter akan dilengkapi turbin angin untuk menghasilkan listrik. Turbin itu akan menghasilkan 30% kebutuhan energi listrik untuk masjid.

“Fungsi menara dalam pengertian klasik sudah surut di Eropa karena muadzin tidak memanjat menara untuk panggilan shalat (adzan),” kata Unyilmaz. “Bahkan di negara-negara Islam menggunakan mikrofon (untuk adzan)”.

Masjid tersebut merupakan bagian dari upaya kaum Muslim Jerman untuk meningkatkan gairah negara mereka terhadap pembangkit listrik yang terbarukan.

“Lingkungan merupakan isu penting saat ini, jadi ini masuk akal,” kata Unyilmaz.

Kanselir Jerman, Angela Markel, mengumumkan rencana untuk meningkatkan pangsa pembangkit listrik terbarukan menjadi 80% tahun 2050 dari 17% saat ini. “Setiap orang memiliki kewajiban untuk melindungi lingkungan,” kata Unyilmaz.

Muslim Jerman berjumlah antara 3,8 dan 4,3 juta, membentuk sekitar 5 persen dari total populasi 82 ??juta jiwa.

Ada sekitar 200 masjid di Jerman, termasuk yang sedang dalam tahap pembangunan –masjid terbanyak di negara-negara Eropa.

Untuk membangun masjid ekologius tersebut, Muslim Jerman sedang menggalang dana sebesar 2,5 juta uero.

“Kita harus menutupi semua dana melalui sumbangan,” kata Ugur Sutcu, anggota dewan jamaah masjid. “Jika kita berhasil mengumpulkan setengahnya, bank akan memberikan sisa pendanaan.”

Sutcu mengatakan, masjid baru itu sangat didukung oleh komunitas Muslim Jerman. “Semua orang di sini senang dengan desainnya,” katanya.

Masjid baru ini dilihat sebagai bukti sukses integrasi Muslim di Jerman. Banyak warga Jerman memuji rencana masjid baru itu. (Mel/OnIslam/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *