Sunday, November 19, 2017
Beranda > Dunia Islam > Muslim Kanada Gelar Festival

Muslim Kanada Gelar Festival

muslimfest-di-kanadaSejak 2004, Muslim Kanada merintis sebuah tradisi menjalin kebersamaan dengan masyarakat luas melalui Festival Muslim Kanada. Festival itu dikenal dengan Muslimfest. Festival ini berisi pagelaran seni budaya, humor, musik dan hiburan lainnya.

Menteri utama Ontario, Dalton McGuinty memuji festival ini karena membawa semangat multikultural yang menjadi identitas Ontario. “Festival ini merupakan wadah untuk semua kalangan. Saya kira, Komunitas Muslim patut bangga dengan keberhasilan festival ini selama sembilan tahun penyelenggaraannya,” kata dia yang menutup festival ini akhir pekan lalu seperti dikutip Onislam.net, Kamis (6/8).

Lebih dari 50 seniman lokal dan internasional menjadi bagian dari konser, pertunjukan komedi, pemutaran film dan pameran seni. Tak hanya itu, bazar dan karnaval serta permainan anak juga digelar. Lebih dari 25 ribu peserta menghadiri acara dua hari tersebut.

McGuinty menilai apa yang ditampilkan pada festival mencerminkan keberagaman dinamis muslim dari seluruh dunia. Di festival ini, umat muslim memperkenalkan budaya masing-masing dengan pesan yang sama yakni perdamaian. “Anda datang, berbagi budaya yang beragam dan dinamis,” kata dia.

Selama festival berlangsung, banyak rangkaian acara yang menarik banyak pengunjung. Semisal saja, penampilan Mezba Mahtab yang menampilkan karya berupa deksripsi kisah dalam Alquran dalam medium lego.

Pengunjung juga bisa melihat Karya anak-anak Gaza yang menampilkan perjalanan aktivis Susan Johnson ketika mendatangi Palestina pada masa agresi Israel dalam medium gambar. Tak ketinggalan, film ‘Wham! Bam! Islam!’, film yang terinspirasi dari serial komik superhero muslim. (Onislam.net/Republika).*

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *