Friday, December 15, 2017
Beranda > Dunia Islam > Muslim Kazakhstan Punya Mufti Baru

Muslim Kazakhstan Punya Mufti Baru

Kazakh muftiDDHK News, Kazakhstan — Muslim Kazakhstan memilih mufti baru untuk mengelola urusan agama di tengah komunitas Muslim di bekas Republik Soviet itu. Yerzhan Malgajyuly Mayamerov terpilih sebagai Mufti Agung Kazakhstan yang baru.

“Selama pemilihan langsung, pencalonan Yerzhan Malgajyuly Mayamerov, mantan kepala cabang Kazakhstan Timur urusan Administrasi Spiritual Muslim Kazakhstan, dengan suara bulat disetujui,” kata juru bicara pemerintah.  “Dia terpilih sebagai Grand Mufti dan ketua Administrasi Spiritual Muslim Kazakhstan.”

Lahir tahun 1972, Mayamerov mempelajari Syariat Islam di Universitas Al-Azhar Mesir. Setelah lulus pada 2008, ia tetap tinggal di Mesir selama tiga tahun untuk menyelesaikan studi agamanya.

Tahun 2011, ia diangkat menjadi wakil Administrasi Spiritual Muslim Kazakhstan di wilayah Kazakhstan Timur.

Maramerov terpilih dengan suara bulat oleh seluruh peserta dalam pertemuan ke-7 dari Administrasi Spiritual Muslim Kazakhstan.  Pemilihannya berlangsung setelah Mufti Absattar Haji Derbisali mengundurkan diri awal bulan ini.

“Pada 14 Februari tahun ini, selama pertemuan Presidium Dewan Spiritual, saya menyatakan ingin meninggalkan kantor dan mengabdikan diri untuk ilmu pengetahuan dan kreativitas,” kata Derbisali kepada peserta.

Mufti adalah pemimpin umat Islam tertinggi di Kazakhstan. Ia bertanggung jawab  mengeluarkan fatwa agama (nasihat). Islam adalah agama  dominan di Kazakhstan.

Menurut CIA Fact Book, Muslim membentuk 47 persen dari populasi, Ortodoks Rusia 44 persen, Protestan 2 persen dan lain-lain 7 persen.

Islam dibawa ke Kazakh selama abad ke-8 ketika orang-orang Arab tiba di Asia Tengah. (mel/onislam.net/localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org).*

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *