Friday, October 19, 2018
Beranda > Dunia Islam > Muslim Kirgizstan Pergi Haji Naik Sepeda

Muslim Kirgizstan Pergi Haji Naik Sepeda

Muslim Kirgizstan, Nurkamil Saskeev (56 tahun), pergi ke tanah suci Mekah, Arab Saudi, untuk meninaikan ibadah haji dengan mengayuh sepeda. Ia berangkat dari negaranya bulan lalu dan melewati ibukota Turki, Ankara, Kamis lalu.

“Saya memulai perjalanan dari ibukota Kirgizstan, Bishkek, tempat saya tinggal, dengan berbekal beberapa roti dan pakaian,” katanya.  “Saya sudah melewati Kazakhstan, Rusia, dan Chechnya. Saya datang ke Trabzon dari provinsi Sochi, Rusia, naik kapal dan dari Trabzon ke Ankara menggunakan sepeda lagi.”

Setelah tiba di Turki, Sakeev akan melewati Iran dan Kuwait, sebelum tiba di Arab Saudi. “Saya berencana untuk pergi melalui Suriah, tapi ada konflik internal di sana, jadi saya memutuskan pergi melalui Iran untuk mencapai Kuwait,” kata Saskeev.

Saskeev tiba di Ankara selama beberapa hari untuk mendapatkan visa ke Kuwait dan Arab Saudi. Setelah mendapat visa, ia akan melanjutkan perjalanannya.

Menurutnya, dengan naik sepeda ke Mekah, ia ingin mengalami susahnya suasana perjalanan ke Mekah. Jika naik pesawat, tiba di Mekah setelah duduk di pesawat selama beberapa jam, terlalu mudah. “Saya tidak akan mengalami susahnya suasana perjalanan ke Makkah. Dengan bersepeda, saya dapat berhenti dan beristirahat di mana pun saya inginkan dan bertemu dengan orang lain. Mereka selalu meminta saya untuk mengirimkan salam mereka kepada Nabi Muhammad,” paparnya.

Saskeev mengaku tersentuh dan terinspirasi oleh Uwais al-Qarani, seorang sufi kelahiran tahun 594 yang melakukan perjalanan dari Yaman ke Mekah dengan berjalan kaki untuk melihat makam Nabi Muhammad Saw.

Saskeev mengaku pernah datang ke Ankara dan Istanbul tahun 1993. Ia bahkan bertemu dengan Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan yang menjabat Walikota Istanbul saat itu. Ia sempat meminta Erdogan untuk membangun sebuah masjid di desanya. (Mel/Todayszaman.com/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *