Wednesday, September 19, 2018
Beranda > Dunia Islam > Muslim Rusia Membuat Mushaf Al-Quran Terbesar di Dunia

Muslim Rusia Membuat Mushaf Al-Quran Terbesar di Dunia

Komunitas Muslim Rusia berhasil membuat mushaf Al-Quran terbesar di dunia seberat 800 kilogram dengan ukuran 1,2 x 8 meter. Total halaman mencapai 632 lembar.

Pada sampul depan terdapat motif mahkota yang terbuat dari emas dan perak serta ditutupi motif dasar perunggu berdiameter 14 cm. Proses pembuatan Al-Quran ini mencapai satu tahun.

Pemimpin Spiritual Tatarstan, Ildus Faizov, menuturkan, kedatangan Al-Quran terbesar dunia ini merupakan hadiah istimewa bagi Muslim Rusia. “Melihat dari bentuknya saja, ini merupakan bentuk semangat syiar Islam di Rusia,” kata dia seperti dikutip iqraa.com, Selasa (22/11).

Al-Quran ini selanjutnya akan ditempatkan di sebuah masjid di Kazan, Tatarstan. Pada musim panas nanti, Al-Quran raksasa ini dipindahkan ke Bolgary –wilayah Tatarstan yang mayoritas penduduknya beragama Islam.

Al-Quran terbesar dunia juga di miliki umat Islam Palembang. Al-Quran ini dibuat dari 315 papan kayu berukuran 1.77x 1.4 meter dan tebalnya mencapai 2,5 cm. Di Jawa Barat, sebuah pesantren juga memiliki Al-Quran terbesar dengan ukuran 2 x 1.4 meter.

Pada 2009, Pekan Buku Abu Dhabi menjual salinan Al-Quran terjemahan bahasa Indonesia berukuran 1.2 x 8 meter. (Iqraa.com/Republika).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *