Friday, October 20, 2017
Beranda > Dunia Islam > Muslim Sri Lanka Akan Punya Masjid Baru

Muslim Sri Lanka Akan Punya Masjid Baru

muslim-sri-lankaDDHK News, Sri Lanka — Perjuangan Muslim Sri Langka untuk membangun masjid baru membuahkan hasil. Pemerintah  merestui rencana pembangunan sebuah masjid baru di Kolombo.

Meski direstui pemerintah, sebagian masyarakat Sri Langka keberatan. Sikap itu dilatarbelakangi keberadaan pohon bo yang dianggap sakral oleh penganut Hindu tak terjamin kelestariannya lantaran pembangunan masjid itu.

Ini yang kemudian menjadi sumber ketegangan. Serangan Islamofobia pun dilancarkan dengan menyasar masjid. Video CCTV yang diambil dari salah satu rumah memperlihatkan bahwa orang-orang menyerang masjid, meski ada polisi

Menurut Dewan Muslim Sri Lanka, lembaga yang merepresentasikan sebagian besar organisasi Muslim di Sri Lanka, insiden tersebut merupakan serangan ke-25 di masjid-masjid yang dilaporkan kepada mereka dari seluruh negeri.

Delegasi Uni Eropa di Kolombo mengecam peningkatan serangan terhadap Muslim. “Kebebasan berkumpul secara damai dan kebebasan beribadah merupakan fondasi masyarakat demokratis dan harus dilindungi oleh negara,” ujar delegasi tersebut dalam pernyataan tertulis, seperti dikutip republika.co.id dari voanews.com (9/9).

“Uni Eropa meminta pemerintah Sri Lanka untuk menjamin keadilan lewat penyelidikan yang cepat dan tak berpihak dan memungkinkan semua warga Sri Lanka menjalankan hak-haknya secara bebas,” kata delegasi tersebut. (VOA/ROL).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *