Wednesday, September 19, 2018
Beranda > Dunia Islam > Muslim Swiss Akan Gelar Aksi Demo Besar Menentang Islamofobia

Muslim Swiss Akan Gelar Aksi Demo Besar Menentang Islamofobia

Pusat Dewan Islam Swiss (ICCS) akan menggelar aksi unjuk rasa menentang Islamofobia dan rasisme di ibukota Swiss, Bern. Aksi yang dijadwalkan berlangsung Sabtu (29/10) mendatang itu akan berlangsung di Lapangan Federal, dekat parlemen nasional, dan diharapkan menjadi aksi demo terbesar umat Islam yang pernah terjadi di Swiss.

Aksi bertema “Day Against Islamophobia and Racism” tersebut akan dihadiri Lauren Booth, ipar mantan Perdana Menteri Inggris, Tony Blair, dua pemimpin terkemuka dan berpengaruh dari komunitas Islam, Syekh Abdullah Al-Samit Frank Bubenheim (dari Jerman) dan Mufti Muamer Zukorlic (dari Sandzak di Balkan).

“Aksi juga diramaikan penampilan grup vokal Islam dari Inggris. Mereka juga akan ditemani oleh penyanyi Muslim asal Albania, Adem Ramadani,” ujar Anggota ICCS, Qaasim Llli.

Qaasim menuturkan, latar belakang aksi unjuk rasa berawal dari tekanan pemerintah Swiss terhadap komunitas Muslim.  Tekanan kian keras saat pemerintah Swiss melarang Muslimah Swiss mengenakan jilbab di tempat umum serta tidak diperkenankannya pembangunan menara masjid.

“Kami mempertanyakan komitmen pemerintah Swiss dalam menjamin hak-hak dasar Muslim selayaknya warga negara,” tegasnya.

Qaasim mengatakan, aksi ini tidak hanya mengajak kalangan Muslim tapi juga non-Muslim. “Ini kesempatan bagi kita untuk berdiri bersama dan mendukung satu sama lain untuk menjamin hak warga negara. Kebebasan beragama merupakan kesempatan ideal untuk mendapatkan wawasan lebih dekat tentang Islam,” ujarnya.

Dalam siaran persnya yang dimuat izrs.ch, ICCS mengatakan aksi “Day Against Islamophobia and Racism” itu bertujuan menghambat pertumbuhan sentimen anti-Muslim, menciptakan kondisi kaum Muslim bisa  menggunakan hak keagamaan mereka sebagai bagian dari masyarakat Swiss tanpa diskriminasi atau takut pembalasan. (Mel/izrs.ch/kuna/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *