Sunday, September 24, 2017
Beranda > Featured > Mustahik Menjadi Muzakki : Kami Bisa Rutin Berinfak

Mustahik Menjadi Muzakki : Kami Bisa Rutin Berinfak

logo-dd

DDHKNews – Indonesia — Siang ini Sabtu, 13 Juni 2015 jam 15.00 WIT akhirnya saya tiba di Desa Papela, Rote Timur dalam rangka silaturahim ke beberapa program Dompet Dhuafa yang dijalankan di pulau paling selatan Indonesia ini. Setelah istirahat sejenak dan makan siang, saya lanjutkan perjalanan menuju pantai yang terletak di dekat dermaga dengan berjalan kaki. Alhamdulillah saya bertemu dengan dua orang penerima manfaat program pemberdayaan nelayan yang tengah mempersiapkan jaring untuk melaut.

Di Papela ini terdapat tiga kelompok nelayan masing-masing beranggotakan sepuluh orang nelayan yang tidak mampu. Mereka diberikan bantuan berupa mesin perahu, jaring dan sarana pendukung lainnya. Jika dirupiahkan bantuan per orang berkisar antara Rp 3 juta hingga Rp 5 juta tergantung kebutuhan. “Alhamdulillah program ini sangat membantu kami karena sebelumnya mesin kami sudah tua dan sering rusak. Setelah ada mesin baru kegiatan melaut saya menjadi lebih lancar.” Demikian dituturkan oleh salah satu nelayan yang bernama Abdul Gani.

Untuk mempererat tali silaturahim antar anggota kelompok, setiap dua minggu sekali diadakan pertemuan. Selain berbagi pengetahuan dan pengalaman, ada aktivitas lain di pertemuan ini berupa penyetoran iuran dan tabungan. Total iuran yang dibayarkan adalah Rp 70 ribu terdiri dari tabungan Rp 50 ribu, kas kelompok Rp 10 ribu dan infak sebesar Rp 10 ribu. “Kami senang karena sekarang bisa punya tabungan yang nanti akan kami pergunakan untuk biaya anak sekolah dan kebutuhan mendesak lainnya” tambahnya. “Kami berterima kasih kepada Dompet Dhuafa yang sudah membantu. Oleh karenanya kami gantian ingin juga membantu orang lain dengan cara iuran rutin infak ini meskipun jumlahnya belum banyak” ujarnya menutup pembicaraan dengan senyum mengembang dan mata yang berbinar-binar.

Jika mustahik saja sudah bisa jadi muzakki (donatur), bagaimana dengan kita?

(dompetdhuafa.org)

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya
http://www.localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *