Saturday, September 23, 2017
Beranda > Dunia Islam > OKI Janjikan Bantuan US$ 350 Juta bagi Somalia

OKI Janjikan Bantuan US$ 350 Juta bagi Somalia

Organisasi Kerjasama Islam (OKI) menjanjikan bantuan US$ 350 juta bagi Somalia yang tengah menderita kelaparan. “Kami menjanjikan bantuan 350 juta dolar. Kami berharap akan menaikkan komitmen itu menjadi 500 juta dolar dalam waktu dekat,” Sekretaris Jendral OKI Ekmeleddin Ihsanoglu, Rabu  (17/8), dalam jumpa pers pada akhir pertemuan puncak darurat OKI di Istanbul, Turki.

Sekitar 3,7 juta orang Somalia saat ini terancam kelaparan. Ihsanoglu berharap bantuan akan itu segera meningkat menjadi 500 juta dolar dan mendesak negara-negara donor memperbaiki keamanan pangan jangka panjang bagi Somalia dengan membantu negara itu membangun kembali prasarana dan pertanian.

Perdana Menteri Turki, Tayyip Erdogan, menyerukan bantuan bagi Somalia dan mengecam para milyarder yang mengendarai mobil-mobil mewah dan “arogansi dunia Barat karena mengabaikan penderitaan kaum miskin”.

Dalam pidato yang mengecam kapitalisme Barat, Erdogan mengatakan, kelaparan Somalia merupakan ujian bagi kaum muslim dan seluruh umat manusia.

“Jika Anda mengendarai mobil mewah, Anda harus bermurah hati kepada orang-orang yang berjuang mengatasi kelaparan,” katanya dalam forum pertemuan puncak itu.

Presiden Somalia Sheikh Sharif Ahmed mengatakan, negaranya tidak mampu mencukupi kebutuhan pangan serta ternak dan menghadapi serangan-serangan militan. Kawasan yang paling parah adalah yang dikuasai gerilyawan Al-Shabaab yang dikabarkan mencegah bantuan mencapai penduduk.

PBB telah mengumumkan Mogadishu dan empat wilayah Somalia selatan sebagai zona kelaparan serta memperingatkan bahwa kelaparan bisa meluas ke seluruh penjuru negara itu.

Kondisi itu diperumit oleh bentrokan-bentrokan yang terus terjadi antara pasukan Somalia serta Uni Afrika sekutunya dan gerilyawan Al-Shabaab. (Reuters/Antara)

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya
http://www.localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *