Tuesday, September 19, 2017
Beranda > Dunia Islam > Partai Islamis Unggul dalam Pemilu Legislatif Turki

Partai Islamis Unggul dalam Pemilu Legislatif Turki

Erdogan bersama istri (berjilbab)

Partai Islamis yang kini berkuasa di Turki, Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) meraih suara terbanyak dalam pemilu legislatif, Minggu (12/6). Partai pimpinan Perdana Menteri Recep Tayyib Erdogan itu, memperoleh dukungan 50,2 persen suara.

Sekitar 50 juta rakyat Turki memilih anggota baru parlemen. Radio Nederland memberitakan, pemilu legislatif kali ini tidak berlangsung seru karena sudah dapat dipastikan partai AKP sudah diperkirakan tampil sebagai pemenang mutlak.

Berbagai hasil jajak pendapat menunjukkan, partai Islamis akan mampu meraih 40 hingga 50 persen dukungan suara.

Erdogan dipastikan akan kembali tampil memimpin negeri itu dan akan mengelola Turki tanpa harus berkoalisi dengan partai lainnya. Erdogan dapat merealisasikan visi masa depan bagi negera Turki.

Partai AKP akan melanjutkan perubahan besar di Turki dengan melakukan perubahan konstitusi Turki yang bersifat menyeluruh yang sesuai dengan visi dan gagasan yang akan menjadi kebaijakan strategis partai itu.

Partai kiri tengah CHP mendapatkan suara 25,8 persen suara dan partai nasionalis MHP 13,2 persen.

AKP terbukti mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kekuatan Turki di percaturan politik. Beberapa pengeritik mengatakan, Erdogan akan mengubah Turki dari negara sekuler menuju lebih Islamis. (Mel/RNW/IRIB/WB/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya
http://www.localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *