Saturday, August 19, 2017
Beranda > Indonesia > Pemerintah Indonesia Sikapi Muslim Rohingya di Sidang OKI

Pemerintah Indonesia Sikapi Muslim Rohingya di Sidang OKI

rohingyaPemerintah Indonesia akan menyampaikan pandangan dan rekomendasi terkait kasus pembakaran perkampungan dan pengusiran Muslim Rohingya di Provinsi Rakhine, Myanmar, dalam sidang darurat Organisasi Kerja sama Islam (OKI)  di Jeddah, Arab Saudi, pertengahan Agustus nanti.

”Perkembangan mengenai Muslim Rohingya di Myanmar akan dibahas di sana. Pemerintah akan memberikan masukan, pandangan, dan rekomendasi,” tutur Juru Bicara Kepresidenan, Julian Aldrin Pasha, di Bina Graha, kompleks Istana Kepresidenan, kemarin.

Meski begitu, delegasi Indonesia dalam sidang organisasi negara-negara Islam itu sangat mungkin tidak langsung dipimpin Presiden SBY. Pasalnya, sudah terjadwal beberapa agenda kenegaraan untuk presiden pada pertengahan Agustus. Misalnya, pidato kenegaraan presiden di depan DPR, penyampaian nota keuangan/RAPBN 2013, serta detik-detik proklamasi pada 17 Agustus.

”Hampir pasti Bapak Presiden tidak bisa hadir. Tentu akan diwakilkan kepada menteri luar negeri atau siapa nanti yang ditunjuk presiden,” katanya.

Julian menambahkan, pemerintah berupaya aktif membantu penyelesaian masalah Muslim Rohingya yang jumlahnya sekitar 800 ribu jiwa di Myanmar itu melalui jalur diplomasi.

”Semampu kita lewat jalur diplomasi dengan pemerintah Myanmar agar muslim di sana tidak sampai menjadi korban aksi kekerasan,” kata mantan wakil dekan Fisip Universitas Indonesia itu. Namun, dia belum memastikan apakah ada nota keberatan yang disampaikan Indonesia.

Menurut PBB, Rohingya adalah salah satu kelompok minoritas yang paling sering menjadi sasaran kekerasan di dunia. Penindasan terhadap kaum minoritas Rohingya yang beragama Islam itu dilakukan dalam berbagai bentuk, mulai serangan fisik, bahkan di antaranya menggunakan senjata, hingga pembakaran rumah.

Dilaporkan, korban yang tewas telah berjumlah ribuan. Ribuan lainnya melarikan diri dari desa dan mencari perlindungan ke negara tetangga, terutama Bangladesh. (JPNN.com).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya
http://www.localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *