Saturday, June 23, 2018
Beranda > Dunia Islam > Pemerintah Saudi Perluas Masjid Haram Makkah

Pemerintah Saudi Perluas Masjid Haram Makkah

Pemerintah Arab Saudi tengah merenovasi Masjid Haram Makkah dengan membangun sebuah gerbang besar “King Abdullah Gate” dan dua menara. Diharapkan gerbang dan salah satu menara sudah bisa digunakan pada hari pertama Ramadhan, 1 Agustus 2011.

Menurut Komite Pembangunan Dua Masjid Suci, renovasi itu akan mengubah wajah Masjid Haram. Dengan sejumlah perubahan, diperkirakan masjid ini nantinya mampu menampung tambahan jamaah sebanyak 500 ribu orang. Sisi utara dan barat laut masjid diperluas untuk jamaah shalat.

Perluasan masjid mengorbankan gunung Jabal al-Ka’aba yang kena pangkas. Namun, hal itu membuat kapasitas Masjid Haram nantinya sanggup menampung 1,2 juta orang pada saat shalat berjamaah.

Proyek perluasan itu akan memunculkan bangunan baru di Kompleks Masjid Haram yang dihubungkan oleh dua gerbang raksasa dengan kompleks utama masjid. Jamaah dari bangunan baru yang ingin ke Ka’bah nantinya harus melewati lapangan di sisi barat laut masjid.

Selain bangunan, perluasan masjid  juga akan mencakup penyediaan fasilitas umum, meliputi tempat air zam zam, tempat sampah, pos keamanan, eskalator, dan jembatan.  (Mel/Gulf News/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *