Thursday, October 18, 2018
Beranda > Dunia Islam > Pendukung Al-Qaidah Gelar Demonstrasi di Yordania

Pendukung Al-Qaidah Gelar Demonstrasi di Yordania

DDHK News — Kelompok pro-Islam mengadakan aksi demonstrasi yang sangat jarang terjadi di Amman Yordania, Ahad (6/3), guna menuntut pembebasan pemimpin Al-Qaidah yang diduga saat ini sedang diadili.

Aksi protes dilakukan sekitar 300 Muslim bersamaan dengan aksi demonstrasi lain yang menyerukan perubahan.

Tokoh utama dalam persidangan di Yordan adalah Isam al-Barqawi, dikenal sebagai mentor pemimpin Al Qoidah Irak yang telah gugur, Abu Musaab al Zarqawi yang gugur dalam serangan udara Amerika pada Juni 2006.

Al Barqawi adalah yang lebih dikenal sebagai Sheikh Abu Muhammad al Maqdisi, ia bersama tiga orang lainnya sedang menghadapi tuduhan terorisme.

Seorang demonstran bernama Shihadeh Abed al-Tahawi mengatakan, Al Maqdisi adalah ‘tokoh nasional’ pembela Islam dan “bukan teroris”.

Para demonstran juga meneriakkan jihad, perang suci “adalah cara kami untuk membebaskan tanah Muslim dari otokrat.”

Mereka juga menuntut penegakkan negara berdasar Syariat Islam di Yordania.

Para pria dalam demonstrasi ini berjenggot panjang dan mengenakan baju sepanjang lutut dan celana yang biasa digunakan pejuang Afghanistan. Para demonstran wantia berdiri secara terpisah, mengenakan jilbab bercadar dan jubah panjang hitam.

Tayseer Abu Obada, seorang aktifis Islam berasal dari kota Maan, selatan Yordania, mengatakan kaum “salafi” mengadakan protes yang jarang terjadi karena “suasana keterbukaan kita saksisan hari ini.”

Dalam demonstrasi yang banyak dilakukan di Yordania beberapa waktu terakhir, rakyat Yordan mendesak reformasi pemerintah. Yordan diperintah oleh Raja Abdullah II dan parlemen. Raja memiliki keputusan terakhir dama hal kenegaraan. [Za/CP/voa-islam).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *