Monday, September 25, 2017
Beranda > Dunia Islam > Pengadilan Belanda Bebaskan Politisi Anti-Islam Geert Wilders

Pengadilan Belanda Bebaskan Politisi Anti-Islam Geert Wilders

Politisi anti-Islam Belanda, Geert Wilders, yang telah menggambarkan Islam sebagai “fasis” dibebaskan dari semua tuduhan menghasut kebencian terhadap umat Islam oleh pengadilan di Amsterdam. “Anda dibebaskan dari semua tuduhan yang ditujukan pada Anda,” kata Hakim Marcel van Oosten, Kamis (23/6).
Wilders, 47 tahun, didakwa dengan tuduhan menghasut kebencian dan diskriminasi anti-Islam dalam pernyataan di situs, forum internet, dan di koran-koran Belanda.

Hakim mengatakan, pernyataan anggota parlemen sayap kanan itu “dapat diterima dalam konteks debat publik” dan “tidak menimbulkan kebencian.”

Para penggugat berpendapat, komentar-komentar negatif Wilders tentang Islam telah menyebabkan meningkatnya diskriminasi dan kekerasan terhadap umat Islam. Els Lucas, pengacara penggugat, menyatakan kekecewaannya pada putusan pengadilan.

Menurut Polly van Dijk, juru bicara pengadilan Amsterdam, Wilders berjalan menjauh dari tuduhannya. Keputusan pengadilan tidak bisa mengajukan banding di Belanda.

Namun, pengacara penggugat berniat untuk membawa kasus ini ke komite hak asasi manusia PBB atau Pengadilan Eropa.

Wilders menyamakan Al-Quran dengan buku karya Hitler, Mein Kamf. Pemimpin Partai Kebebasan Belanda itu menjadi berita utama di seluruh dunia pada Maret 2008 setelah membuat film anti-Islam yang kontroversial, Fitna. Film itu menggambarkan Al-Qur’an dan Islam sebagai agama yang mengajarkan terorisme dan bahwa Islam akan mendominasi Eropa.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon menggambarkan ‘film Wilder‘ sebagai ofensif anti-Islam. Parlemen Eropa juga melarang pemutaran film tersebut dan menilainya memprovokasi kebencian terhadap Islam dan kaum Muslim. (Mel/AFP/Islam Times/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya
http://www.localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *