Sunday, August 20, 2017
Beranda > Hong Kong > Pengajian Akbar Young Kartini Bahas Cahaya Iman dan Ilmu

Pengajian Akbar Young Kartini Bahas Cahaya Iman dan Ilmu

Cahaya ilmu bisa dimiliki oleh orang berilmu. Cahaya iman bisa dimiliki siapa pun, tidak hanya di zona intelektual, melainkan juga orang yang meyakini kekuasaan Allah SWT. Orang berilmu dan beriman itulah yang disebut dalam ayat-Nya ”Nurun ‘Ala Nurin” (cahaya di atas cahaya). Do’a adalah pelengkap cahaya ilmu dan cahaya iman.

Demikian disampaikan K.H Abdul Quyyum Al-Hafidz (Pengasuh Pondok Pesantren Annur Soditan Lasem Rembang Jawa Tengah) di depan ratusan jama’ah Pengajian Akbar Young Kartini –organisasi TKI/BMI Hong Kong– di aula Lantai Dasar Masjid Tsim Tsa Tsui (TST) Hong Kong, Minggu (30/10).

“Nilai keimanan seorang umat tidak selalu diukur dari ilmunya oleh Allah SWT karena hanya Allah yang tahu keikhlasan hambanya,” tegasnya.

Dijelaskanm dalam suatu riwayat pada zaman Nabi Saw hiduplah seorang wanita berkulit hitam. Setiap hari ia membersihkan mesjid. Saat ia meninggal dunia, Nabi menanyakan wanita tersebut. Karena para sahabat tidak menganggap wanita tersebut mulia, sehingga kematiannya tidak disampaikan kepada baginda Nabi. Lalu Nabi mendatangi makam wanita tersebut, mendo’akan, dan sholat di sana seraya bersabda: “Bersinarlah makam wanita ini dan makam di sekelilingnya”.

“Itulah gambaran orang beriman melakukan kebaikan, meski tidak berilmu, tetap mulia di depan Allah SWT,” terang Kyai Abdul.

Ada lagi orang yang tidak memiliki cahaya ilmu, tapi memiliki cahaya iman. Ia hidup di zaman Khalifah Umar bin Khatab. Ia seorang pengusaha ”furniture”,  tetapi barang daganganya selalu dicuri.

Suatu ketika, ia mendengar Khalifah Umar memiliki amalan untuk meminta keselamatan dari Allah SWT, yaitu ”Ayat Kursi”. Atas izin Allah, sejak ia membacanya, barang daganganya tidak pernah dicuri lagi. Ia pun mendatangi Khalifah Umar untuk berterimakasih karena telah “mencontek” amalannya.

Ia berkata: “Ya Umar, maafkan saya, tanpa izinmu sudah menggunakan ayat kursi dan alhamdulillah setelah saya baca rutin dua ribu kali setiap malam, barang dagangan saya tidak pernah hilang.”

Umar terkagum-kagum dan berkata: ”Aku sebagai yang tahu ilmu ini pun belum membacanya sebanyak itu. Bagaimana kamu membacanya?” Pedagang itu berkata: “Saya membaca ‘ayat… kursi.. ayat… kursi… ayat… kursi…’ begitu sebanyak 200 kali, ya Umar!”.

“Itulah… karena ia yakin akan pertolongan Allah, meskipun sesungguhnya dia tidak tahu bacaan ayat kursi seperti apa, tapi Allah SWT mengabulkan do’anya,” jelas Kyai Abdul.

Acara pengajian akbar yang digelar organisasi BMI HK Young Kartini kali ini mengusung tema ”Cahaya Ilmu dan Iman dalam Kehidupan” untuk menyambut bulan Dzulhijah dan tahun baru Islam 1 Muharram 1432 Hijriah.

“Kami berharap bisa berbagi ilmu dengan kawan-kawan BMI yang hadir, nanti akan diisi juga dengan solawat dan sma’ul Husna dari Dompet Dhuafa Hong Kong, Al-Ikhlas, dan Kotmil Qur’an Causeway Bay,” ujar ketua Young Kartini, Nurul, saat ditemui DDHK News sebelum acara.

Pengajian dimulai dengan pembacaan Asma’ul Husna dari tim DDHK, lalu Shalawat dari Al-Ikhlas dan Kotmil Qur’an Causeway Bay, dilanjutkan dengan sambutan. Usai shalat dzuhur dan makan siang, acara memasuki sesi inti berupa tausiyah dari KH Abdul Qoyyum Al-Hafidz.

Pengajian akbar ini juga dihadiri oleh Direktur DDHK Ust. Herman Budianto, Rahmat Budianto (Direktur Bank Mandiri HK), Ust. Ali Liong Man, Ibu Mimi Jamilah (Assisten Da’wah Islamic Union of HK), perwakilan organisasi pengajian BMI HK, dan sejumlah wartawan. (Anita Sri Rahayu/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya
http://www.localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *