Monday, October 23, 2017
Beranda > Hong Kong > Pengajian Miftakhul Janah Usung Tema ‘Sho San Se’

Pengajian Miftakhul Janah Usung Tema ‘Sho San Se’

Allah WT adalah pelindung bagi orang-orang yang beriman, cahaya penerang dalam kegelapan. Hal tersebut dikatakan oleh Direktur Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) Ustadz Herman Budianto dalam pengajian peringatan Idul Adha 1432 H di organisasi Islam BMI HK Miftakhul Janah, Ahad 20 November 2011.

Pengajian tersebut mengusung tema “Sho San Se”, Shalat Santun Semangat, untuk mencapai bahagia dunia-akhirat. Menurut Ustadz Herman, dalam dunia seni ketoprak atau pewayangan, Pandawa Lima artinya rukun Islam. Rukun Islam di antaranya yaitu mengucapkan dua kalimat Syahadat dan Shalat.

“Shalat dapat mempengaruhi serta menjaga kelakuan dan tindakan kita dalam kehidupan sehari-hari. Shalat dapat menjauhkan kita dari perbuatan tercela maupun dosa,” ujarnya.

Shalat yang khusyu, kata Ust. Herman, dapat dilihat dari awal takbir. Shalat juga harus tegak rukun-rukunnya. “Jika kita melakukan dosa atau maksiat, maka bersegeralah bertobat. Pertobatan dosa yang pertama yang harus di lakukan adalah Shalat Lima Waktu,” ujarnya.

Ustadz Herman juga menambahkan materi tentang kunci Shalat Khusyu, baik dari awal takbir,bacaan-bacaan, serta gerakan-gerakan shalat harus benar.

Jamaah yang hadir cukup banyak. Ada sekitar 100 orang BMI HK. Mereka mengaku senang karena ceramah yang disampaikan oleh Ustadz Herman dengan bahasa Jawa yang khas Ponorogo. (Tati Tia Surati/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *