Saturday, August 19, 2017
Beranda > Featured > Pentingnya KTKLN bagi TKI

Pentingnya KTKLN bagi TKI

Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN) sangat penting sebagai “pelindung utama” Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri.

Kartu ini menggunakan sistem informasi yang berisi 60 jenis data, di antaranya jati diri TKI, asuransi, PPTKIS yang memberangkatkan, kontrak kerja, nama pengguna, dan lain-lain.

Menurut Kepala BNP2TKI, Jumhur Hidayat, pihaknya telah memasang card reader KTKLN di seluruh daerah embarkasi TKI. Bahkan, di luar negeri, KTKLN sudah terpasang di  Malaysia, Taiwan, Province Of China, Jeddah, Riyadh, dan Kuwait.

“KTKLN berfungsi sebagai kartu identitas diri, setiap ada masalah yang menimpa TKI di luar negeri, datanya dengan cepat akan dapat diketahui,” jelas Jumhur.

Bebas Fiskal
KTKLN selain berfungsi sebagai kartu identitas TKI selama penempatan di negara tujuan, juga mempunyai multimanfaat.

KTKLN bisa digunakan untuk mendapatkan Bebas Fiskal Luar Negeri (BFLN). Kalau tidak punya KTKLN, calon TKI harus membayar fiskal sesuai ketentuan yang berlaku sebesar Rp 1 juta.

Untuk bisa mendapatkan KTKLN, calon TKI yang akan berkerja di luar negeri harus memenuhi syarat berikut:
a. Paspor dan Visa kerja;
b. Sertifikat Uji Kompetensi;
c. Sertifikat Uji Kesehatan;
d. Bukti pembayaran asuransi
e. Bukti pembayaran DP3TKI sesuai PP 92 Tahun 2000;
f. Perjanjian Kerja yang telah ditandatangani para pihak;
g. Pelaksana PAP
h. Buku Tabungan TKI;
i. Semua dokumen asli.

KTKLN untuk calon TKI program G to G Jepang dan Korea hanya dapat diperoleh di Kantor Pusat BNP2TKI.

Untuk calon TKI asal Jakarta yang akan bekerja di negara-negara Timur Tengah, Hong Kong, dan Malaysia, KTKLN bisa diperoleh di kantor BP3TKI Jakarta, di Jl. Pahlawan Ali, Ciracas, Jakarta Timur.

Untuk calon TKI dari daerah-daerah di luar program G to G, KTKLN bisa diperoleh di kantor BP3TKI daerah masing-masing.

Pengurusan KTKLN di Kantor Pusat BNP2TKI diberlakukan khusus bagi TKI yang akan bekerja melalui jalur kerjasama G to G, di Korea dan Jepang.

Bisa Diperpanjang
Proses permohonan KTKLN bisa diselesaikan hanya dalam waktu satu (1) hari, dan tidak ada biaya apa pun untuk pencetakannya.

KTKLN berlaku sesuai masa kontrak kerja antara TKI dengan pihak pengguna, dan dapat diperpanjang sesuai dengan kontrak kerja baru, tegas Kasubdit Verifikasi dan KTKLN BNP2TKI.

Penggantian kartu hanya dapat dilakukan apabila habis masa berlakunya, dilaporkan hilang, atau KTKLN rusak secara fisik dan sistem.

Ancaman Penjara
Sanksi lima tahun penjara dan denda Rp5 miliar bagi TKI yang tidak punya KTKLN.

UU No 39 Tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja di Luar Negeri dalam pasal 51 disebutkan: untuk dapat ditempatkan di luar negeri, calon TKI harus memiliki dokumen yang di antaranya KTKLN.

Pada pasal 103, setiap TKI yang melanggar pasal 51 atau tidak memiliki KTKLN dapat dipidana dengan ancaman minimal satu tahun dan maksimal lima tahun dan atau denda paling sedikit Rp1 milyar dan paling banyak Rp5 milyar.

Bagi yang Sudah Bekerja
KTKLN dapat diperoleh di kantor BP3TKI setempat (Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Tanjungpinang, Batam, Jakarta, Serang, Tangerang, Bandung, Semarang, Yogya, Surabaya, Mataram, Kupang, Pontianak, Nunukan, Makasar dan Pare-Pare).

Bagi TKI yang sudah bekerja di luar negeri dan pulang ke Indonesia untuk mengambil cuti (TKI Cuti/Perpanjangan kontrak) dapat mengurus KTKLN dengan persyaratan:

  1. Paspor
  2. Re-Entry Visa
  3. Perjanjian Kerja
  4. Bayar Asuransi perlindungan TKI  (masa dan purna Rp 350.000.

Waktu pelayanan/penerbita n KTKLN di BP3TKI apabila persyaratan diatas lengkap paling lama 1-2 jam.

— Dari berbagai sumber

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya
http://www.localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org/

9 thoughts on “Pentingnya KTKLN bagi TKI

  1. Admin ddhk. maaf tolong article ini di benahi, karena sudah banyak perubahan dan setahu saya menurut peraturan imigrasi bukan hanya KTKLN yang berfungsi bebas fiskal, kartu student LN, ID LN, dll yang telah tertulis jelas di peraturan bebas fiskal, tanpa KTKLN TKI sudah bebas fiskal.

  2. kalau pemerintah dan PJTKI udah gak sanggup ngurusin para TKI nya , cuman untuk mengambil hasil devisa nya saja.memalukan saja…

  3. Tidak ada manfaatnya sama sekali. Negara ngawur saja membuat aturan. Sudah kita dibuat repot, disuruh bayar, eeh ancaman hukumannya ngawur. Kartu pintar kok begitu.
    Negara tempat kita bekerja saja tidak mempersulit seperti itu kok. Ini negara sendiri malah bikin susah. Katanya kita pahlawan devisa ….

  4. kemarin tgl 27 june saya baru pulang dr indonesia holiday tapi di bandara jogjakarta tak 1pun petugas yg menanyakan kartu KTKLN , saya jadi bingung, di sini semua orang ribut tentang itu. trus saya coba telusur dan mo daftar kartu itu …. harus mengisi burang KTP indonesia , sedang tahun kelahiran saya tak sama dengan passport ,,,,, trussssss gimana nihhhhhhhhh please tolong dongggggg

  5. Jawabanya saya sarankan kamu untuk baca 10 kali lagi supaya faham maksud dari informasi itu!!! aku yang sekolah sampai kelas 4 SD aja faham kok.

  6. Jumhur ngaco… dimana logikanya KTKLN bisa melindungi TKI di LN?…. TKI ditakut2i denda 5 milyar hanya untuk mendukung programmu agar kamu bisa minta anggaran APBN lebih dan lebih lagi… dosa kamu

  7. mf q mau tanya,q dl krj dhk taun 2007 _2009.trus q pulang pd bulan agustus 2009 q krj lagi dhk.tp wkt tu q g da masalah dbandara.pdhl q g pnya KTKLN .trus bulan agusts 2011 nanti q pulang n gak ke hongkong lg.apakah q akan dpt masalah saat pulang nanti dbandara?apakah saya harus bikin KTKLN skg?tlg dbls .makash

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *