Sunday, August 20, 2017
Beranda > Featured > Perpustakaan Berkah Kini Aman dari Usiran Suk Suk

Perpustakaan Berkah Kini Aman dari Usiran Suk Suk

Berawal dari koleksi buku pribadi yang dipinjamkan ke teman-teman BMI HK, setelah mereka pinjam dan pinjam lagi dan melihat BMI HK banyak yang minat baca, akhirnya dari beberapa teman yang banyak koleksi buku mendirikan “Perpustakaan Lesehan” resmi dengan nama Perpustakaan Berkah pada 23 Mei 2010 di Jembatan King Road Java Road Nort Point, Hong Kong.

Menurut Siti Khasanah, salah satu pengurus Perpustakaan Berkah, kendala yang dihadapai saat awal buka perpustakaan atau peminjaman buku, yaitu sering diusir oleh “suk suk” (sebutan BMI HK kepada polisi HK) karena banyak menggelar buku di lantai jembatan.

“Dari seringnya diusir suk suk, muncullah ide kami, membuat tulisan tiga bahasa yang kami pasang di pagar jembatan, yaitu Library, Dhai Sui, dan Perpustakaan Bacaan Berkah. Alhamdulilah, setelah kami bikin tulisan tersebut, kami tidak pernah diusir suk suk,” katanya.

Awalnya yang meminjam buku hanya dari teman dekat, lalu banyak BMI HK yang libur datang meminjam buku. “Saat kami tanya, kok tau di sini ada perpustakaan, mereka menjawab, dikasih tahu teman. Kabar dari mulut ke mulut tiap minggunya banyak teman-teman BMI yang datang meminjam buku dan mengembalikan buku yang sudah dibacanya.”

Dalam meminjam buku, Perpustakaan Berkah membatasi sekali pinjam dua buku dan jangka waktu pinjam paling lama sebulan harus dikembalikan. “Kami tidak memungut biaya pinjaman, tetapi infak seikhlasnya. Uang itu nantinya kami pergunakan untuk beli buku baru lagi,” ungkapnya kepada DDHK News.

Perpustakaan Berkah yang beranggotakan 30 orang dan 15 pengurus kini memiliki dua koper buku. Selain meminjamkan buku-buku dari anggota, mereka juga mempunyai kegiatan belajar iqro, diba’, dan sholat berjamaah. Perpustakaan Berkah hanya buka di hari Minggu dari jam 9 pagi sampai jam 6 malam. “Tanggal merah kami libur, mengadakan kegiatan di luar untuk refreshing, seperti BBQ, bersepeda, hiking, pokoknya biar kita ‘ga jenuh,” jelasnya.

Bagi BMI HK yang libur di hari Minggu khususnya daerah Nort Point dan sekittarnya yang berminat membaca, bisa datang ke Perpustakaan Berkah atau hubungi Siti Khasanah 62845972.  (Lutfiana  Wakhid/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya
http://www.localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org/

One thought on “Perpustakaan Berkah Kini Aman dari Usiran Suk Suk

  1. Asalamu’alikum Warahmatollohi Wabarokatuh. Akaua salut dengan sahabati2 yang sedang berkerja di Hongkong. Meski super sibuk. Mereka masih meluangkan waktunya untuk berdakwah. Salut…salut.. choir…choir. Oh iya saya tanya Mbak. apa ada anngota . sampaean yang bernama Mahida Nurma asal Pare Kediri. Kalau ada saya minta kontaknya. Call saya 081335972485. H Imam Kusnin Amad SH.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *