Monday, October 23, 2017
Beranda > Hong Kong > Perpustakaan OASE BMI HK Pinjamkan Ragam Buku

Perpustakaan OASE BMI HK Pinjamkan Ragam Buku

Perpustakaan Buku OASE merupakan salah satu bukti kreativitas Buruh Migran Indonesia (BMI) Hong Kong yang peduli akan pentingnya ilmu pengetahuan. Beralamat di Haven Street, lantai 2, Causeway Bay HK, perpustakaan ini dikelola oleh empat BMI HK, yaitu Ibu Mila, Umi Sholikah, Lilik Sri Suryani, dan Marya Elana.

Program kegiatan Perpustakaan OASE di antaranya melayani peminjamkan buku-buku Islami, buku pendidikan, wirausaha, sastra, dan lainnya. Pendirian perpustakaan ini ditujukan bagi para teman BMI yang gemar membaca agar dapat menambah wawasan.

OASE juga menerima pesanan buku yang diminati oleh BMI HK. “Kami berempat mengeluarkan dana pribadi untuk memesananya dari Indonesia,” kata Marya.

Jika hari libur OASE membuka stand di depan Indo Market, tak jauh dari Hong Kong Central Library, tempat strategis yang biasa menjadi tempat para BMI HK berlalu-lalang. Meskipun tak ayal kadang jadi target razia para “suk-suk” (julukan BMI bagi polisi HK).

“Sejauh ini kita masih mengurus surat izin beroperasi ke pemerintah Hong Kong, meskipun kita bergerak di bidang sosial, tetap saja kalau tanpa izin ya ‘gini… jadi main kucing-kucingan sama suk-suk,” ujar Marya.

Tapi hal itu tak menyurutkan niat pengelola OASE untuk terus menjadi bagian yang peduli akan pentingnya sebuah ilmu pengetahuan.

“Tantangan kami yaitu terkendala dengan waktu, cuaca, dan lokasi. Dengan adanya OASE, kami berharap agar kawan BMI mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, dengan banyak membaca dan mekera bisa lebih terarah pada hal–hal yang positif. Jadi, wapaupun status kita adalah BMI, namun kita tak kalah smart dan tidak bisa dibodohi,” paparnya bersemangat.

Kinerja para pengurus bersistem suka rela dan dana yang terkumpul mereka manfaatkan untuk menambah koleksi buku. Di tengah kesibukan kerja sebagai BMI, mereka menjalankan OASE. Sebagai tenaga operasional harus mengambil buku yang datang dari Indonesia, melayani para member di stand OASE, sekaligus menjadi penanggungjawab jika ada kerjasama dengan organisasi BMI HK.

“Bagi yang mau sedekah buku, bisa datang ke stand OASE depan Indo Market kalau hari Minggu,” pungkas Marya. (Anita Sri Rahayu/Hong Kong).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *