Sunday, November 19, 2017
Beranda > Featured > Pesan Id Victoria Park: Umat Islam Harus Jadi Manusia Pemberani

Pesan Id Victoria Park: Umat Islam Harus Jadi Manusia Pemberani

Umat Islam harus menjadi manusia pemberani dalam menghadapi berbagai tantangan, bukan muslim yang cengeng, menangis, dan takut terhadap tantangan. Demikian dikemukakan Guru Besar IAIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Dr. KH. Ali Aziz, M.Ag, saat menyampaikan khotbah Idulfitri di Victoria Park, Causeway Bay, Hong Kong, Selasa (30/8). “Kita harus menjadi Muslim yang percaya diri,” ujarnya.

Dikemukakannya, dengan keimanan, kita umat Islam harus menjadi pribadi-pribadi yang perkasa dan berani menghadapi tantangan hidup. “Hilangkan kesedihan itu dengan meyakini kasih Allah SWT yang tidak terbatas,” tegasnya.

Menjadi manusia perkasa dan pemberani, urainya, diperlukan tiga hal, yaitu keimanan yang membaja, usaha dan doa yang sungguh-sungguh, serta penyerahan diri total kepada Allah SWT.

Prof. Ali Aziz juga mengatakan, selama satu bulan kita telah menahan lapar dan dahaga pada siang hari. Hanya orang orang pilihan yang sanggup melaksanakan semua itu, baik puasa hati maupun puasa pancaindera dari semua larangan Allah SWT selama bulan Ramadhan.

“Bersyukur dan memohon, semoga puasa kita, wudu’, ruku’, sujud, dan bacaan Al-Quran kita selama bulan Ramadhan diterima Alloh SWT dan menghapus segala dosa,” katanya diamini oleh ribuan jamaah shalat Id yang sebagian besar Buruh Migran Indonesia (BMI) Hong Kong.

Prof. Ali Aziz menutup khotbahnya dengan doa yang diamini jamaah. Suasana haru sangat terasa. Banyak jamaah menangis usai shalat Id.

Pelaksanaan Shalat Idulfitri 1432 H di Victoria Park berlangsung tertib dan khidmat. Ribuan jamaah yang hadir hampir memenuhi lapangan rumput Victoria Park. Mereka berbondong-bondong datang dan sebagian besar sudah hadir sejak pukul 7 pagi. Mereka mengumandangkan takbir, meski tanpa pengeras suara.

Jamaah shalat Id bukan hanya dari kalangan BMI, tapi juga para pejabat dan staf Konsulat Jenderal Republik Indonesia Hong Kong (KJRI HK) sebagai penyelanggara shalat Id dan Warga Negara Indonesia lainnya yang ada di Hong Kong.

Dalam sambutannya, Konjen RI Teguh Wardoyo mengatakan, penyelenggaraan Shalat Idulfitri merupkan puncak dari seluruh rangakaian kegiatan ibadah Ramadhan umat Muslim di mana pun berada.

“Idulfitri adalah hari kemenangan yang ditunggu-tunggu dan merupakan saat penuh kebahagian bagi umat Islam,” katanya. “Saya berbahagia karena ini untuk pertama kalinya saya selaku Konsul Jenderal RI merayakan hari kemenangan ini bersama kaum Muslimin Indonesia yang tinggal di Hong Kong,” imbuhnya.

Atas nama pribadi dan kelurga besar KJRI HK, ia juga mengucapkan Minal Aidin wal Faizin, mohon maaf lahir dan batin. “Semoga Allah Swt mengampuni dosa-dosa kita dan menerima segala amal ibadah kita,” katanya yang diamini jamaah yang hadir. (Tati Tia Surati/Hong Kong).*

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *