Friday, December 15, 2017
Beranda > Dunia Islam > PM Italia Tuduh Oposisi Ingin Ubah Milan Jadi Kota Islam

PM Italia Tuduh Oposisi Ingin Ubah Milan Jadi Kota Islam

Arena olahraga dan hiburan yang dijadikan "masjid darurat" kaum Muslim Milan ditutup dewan kota Maret lalu.*

Perdana Menteri Italia, Silvio Berlusconi, menuduh kalangan oposisi ingin mengubah kota Milan menjadi kota Islam. “Milan … tidak akan menjadi, pada malam Expo 2015, kota Islam, sebuah kota Gipsi, yang dipadati kamp Roma dan dikepung oleh warga asing (kiri) yang ingin memberikan hak suaranya,” ujarnya, Senin (23/5), seminggu menjelang pemilihan Walikota Milan.

Pernyataan Berlusconi diposting situs Partai Kebebasan (PDL). Ia mengimbau para pemilih untuk memilih calon Walikota Milan, Letizia Moratti, yang akan menggantikan incumbent Giuliano Pisapia dari partai yang beraliran tengah-kiri – yang telah dicap ekstremis kiri – pada pemilu yang dijadwalkan belangsung 28-29 Mei.

Mantan menteri pendidikan nasional dari PDL, Moratti, menentang pembangunan masjid di Milan.

Masyarakat Muslim di Milan selama ini shalat di sekolah dan garasi, bukan di masjid. Gedung olahraga dan hiburan “The Palasharp” yang selama ini menjadi pusat kegiatan ibadah utama bagi komunitas Muslim Milan, ditutup dewan kota pada Marel lalu.

Dewan kota Milan mengumumkan, pihaknya telah memutuskan untuk menutupnya meskipun tidak ada masjid di kota ini.

Umat Islam setempat mengatakan, selama bertahun-tahun mereka gagal mengusahakan izin membangun masjid, mungkin karena meningkatnya Islamofobia di wilayah tersebut.

Seorang anggota dewan kota Milan mengatakan, kaum Muslim dapat melaksanakan hak beribadah sebagaimana dijamin konstitusi Italia. Namun, meskipun masyarakat Islam telah berjuang selama bertahun-tahun untuk membangun masjid, dewan kota mengabaikan permintaan mereka.

Hampir 100.000 Muslim tinggal di Milan.  “Kami memerlukan tempat ibadah… Sayangnya, kami tidak pernah menerima respons atas permintaan kami,” ujar Abdel Hamid Shaari dari “Milan Islamic Cultural Institute”. (Mel/M&C/Press TV).*

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *