Sunday, November 19, 2017
Beranda > Dunia Islam > PM Jepang Buka Puasa Bersama 35 Dubes Negara Islam

PM Jepang Buka Puasa Bersama 35 Dubes Negara Islam

Shinzo-Abe-BukberPerdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, menggelar buka puasa bersama para duta besar dari 35 negara Islam yang memiliki hubungan diplomatik dengan Jepang.

Kementerian Luar Negeri Jepang berharap acara Rabu (31/7/2013) itu bisa semakin mempererat persahabatan dan meningkatkan rasa saling memahami antara Jepang dan dunia Islam.

Sebelumnya, pada akhir April hingga awal Mei, Abe mengunjungi Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Turki. Dan, Abe berharap di masa depan dia bisa lebih banyak berkunjung ke negara-negara Islam.

“Dalam kunjungan saya, saya memastikan hubungan Jepang dan dunia Islam tetap erat. Saya sangat ingin mengunjungi negara-negara Islam di masa depan untuk memperkuat persahabatan kita,” kata PM Abe.

Duta besar Aljazair di Tokyo, Ali Qutranji, yang mewakili semua perwakilan negara-negara Islam di Jepang, menyambut baik niat hangat Jepang itu.

“Kami merasa acara seperti ini akan menumbuhkan kedekatan dan memastikan adanya keinginan bersama untuk meningkatkan kerja sama yang saling menguntungkan,” kata Qutranji.

Dalam acara buka puasa bersama itu, dubes Suriah tidak hadir. Ini berarti perwakilan Suriah tidak menghadiri acara ini selama dua tahun berturut-turut.

Pemerintah Jepang memang tidak mengundang perwakilan Suriah sejak tahun lalu sebagai bentuk kecaman terhadap rezim Bashar al-Assad dalam konflik Suriah.

Acara buka puasa ini pertama kali digelar di masa pemerintahan PM Junichiro Koizumi pada 2005, sehingga tahun ini merupakan buka puasa bersama yang kesembilan. (alarabiya.net/kompas.com).*

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *