Tuesday, November 21, 2017
Beranda > Indonesia > PPMI Saudi Desak Penghentian Pengiriman TKW

PPMI Saudi Desak Penghentian Pengiriman TKW

Sehubungan dengan kasus-kasus kekerasan yang dialami oleh tenaga kerja wanita (TKW) asal Indonesia yang bekerja pada sektor-sektor domestik dalam wilayah hukum Kerajaan Arab Saudi, khususnya sebagai penata laksana rumah tangga (PLRT), maka Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Arab Saudi  sebagai bagian dari bangsa Indonesia dan wadah resmi komunitas pelajar dan mahasiswa Indonesia di Arab Saudi mengeluarkan pernyataan sikap resminya.

Sikap resmi ini dikirim PPMI ke redaksi hidayatullah.com, Ahad, 28 Nopember 2010.  Rilis ini disampaikan dengan mempertimbangkan suasana sosio-kultural masyarakat yang baru saja melewati momen besar tahunan yakni musim haji yang begitu menyita waktu, tenaga, dan perhatian.

Melalui ketua umumnya, Akhmad Nizaruddin, PPMI menyampaikan beberapa poin.

Pertama, PPMI meminta penghentikan segera pengiriman tenaga penata laksana rumah tangga (PLRT) ke luar negeri,  dan ke Arab Saudi khususnya.

Kedua, PPMI mendorong kedua pihak pemerintahan untuk menyepakati mekanisme yang jelas dan terukur guna mencegah terulangnya kasus kekerasan yang menimpa tenaga kerja Indonesia yang saat ini sedang bekerja di Arab Saudi. Mekanisme dimaksud sekurang-kurangnya harus bertujuan menjamin hak-hak pekerja yang meliputi hak berkomunikasi, jaminan kesehatan, masa kerja dan menjamin kepastian hukum dalam hal terjadinya kasus pelanggaran.

PPMI juga menyesalkan terjadinya kasus-kasus kezaliman yang dialami oleh TKW asal Indonesia di antaranya kasus penyiksaan atas Sumiati dan pembunuhan sadis atas Kikim Komalasari yang sesungguhnya ibarat fenomena gunung es dari sekian banyak kasus yang tak pernah terungkap ke permukaan dan menjadi berita sehari-hari masyarakat Indonesia di Arab Saudi.

Karenanya, PPMI merekomendasikan para pengambil kebijakan untuk segera merealisasikan dua hal.

Pertama, melakukan tekanan melalui media massa dan jejaring sosial agar setidaknya kasus-kasus kekerasan yang dialami tenaga kerja Indonesia tidak hilang dari perhatian publik.

Kedua, menjembatani komunikasi antara pihak keluarga tenaga kerja Indonesia di Arab Saudi yang sedang bermasalah dengan pihak perwakilan pemerintah Indonesia (KBRI/KJRI) di Arab Saudi. (Hidayatullah/ddhongkong.org).

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *