Friday, December 15, 2017
Beranda > Featured > Presdir Dompet Dhuafa Jadi Sekjen Forum Zakat Dunia

Presdir Dompet Dhuafa Jadi Sekjen Forum Zakat Dunia

Konferensi Zakat Internasional - WZF

Konferensi Zakat Internasional - WZFDDHK News, Amerika Serikat — Presiden Direktur Dompet Dhuafa (DD) Ahmad Juwaini terpilih menjadi Sekretaris Jenderal Forum Zakat Dunia atau World Zakat Forum (WZF) periode 2014-2017 dalam Konferensi Zakat Internasional yang digelar di New York, Amerika Serikat,  28-29 Mei 2014.

Ahmad Juwaini yang menggantikan sekjen sebelumnya, KH Didin Hafidhuddin, didampingi oleh delapan Deputi Sekjen, yaitu Imam Shamsi Ali (New York), Elnur Salihovic (Bosnia), Mohd Izam bin Mohd Yuso (Malaysia), Mohd Rasiq Mukhtar (Sudan), M Hoosen Essof (Afrika Selatan), Syed Zafaar Mahmood (India), Mohd Obaidullah (IDB/Arab Saudi), dan Irfan Syauqi Beik (Staf Ahli BAZNAS).

Selain memilih pengurus baru, Konferensi Zakat Internasional yang dihadiri perwakilan dari belasan negara juga membahas berbagai isu strategis. Konferensi menyimpulkan perlunya penguatan kerja sama global dalam pengelolaan zakat, sehingga zakat dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi umat manusia, khususnya umat Islam.

Keterangan tertulis WZF seperti dikutip Antara menyebutkan,  peserta konferensi membahas cara mengoptimalkan potensi zakat dan menjadikan zakat sebagai instrumen utama dalam upaya untuk mengurangi angka kemiskinan dan kesenjangan pendapatan.

ahmad juwaini
Ahmad Juwaini, Presdir DD

Para peserta konferensi juga menyepakati WZF harus menjadi tempat bertukar gagasan dan pemikiran terkait pengembangan perzakatan, fasilitator komunikasi, dan kerja sama zakat lintas negara dan lintas regional, serta media untuk meningkatkan kualitas manajemen pengelolaan zakat.

Konferensi itu bertujuan untuk membangun sinergi dan koordinasi antarpemangku kepentingan strategis perzakatan dunia, mulai dari kalangan praktisi lembaga zakat, akademisi, ulama, hingga LSM yang memiliki perhatian terhadap persoalan kemanusiaan dan keadilan ekonomi.

Perwakilan dari belasan negara hadir dalam pertemuan tersebut antara lain Indonesia, Amerika Serikat, Malaysia, India, Sudan, Afrika Selatan, Yaman, Turki, Bosnia Herzegovina, Pakistan, Arab Saudi, dan Mesir. (ANTARA).*

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *