Sunday, December 17, 2017
Beranda > Dunia Islam > Presiden Filipina Terima RUU Wilayah Otonomi Muslim

Presiden Filipina Terima RUU Wilayah Otonomi Muslim

Philippine Muslim-Autonomy-Law-Submitted_

Philippine Muslim-Autonomy-Law-Submitted_DDHK News, Filipina — Presiden Filipina Benigno Aquino secara resmi menerima rancangan undang-undang (RUU) pembentukan wilayah otonomi kaum Muslim di Mindanao, Filipina selatan, menyusul kesepakatan perdamaian.

Aquino menerima undang-undang dasar Bangsamoro itu Senin (8/9) dari panitia khusus peralihan pimpinan perwakilan Front Pembebasan Islam Moro (MILF).

UU tersebut akan mempercepat proses pembentukan wilayah otonomi sebagai bagian dari proses perdamaian untuk mengakhiri pemberontakan yang telah berlangsung selama beberapa dasawarsa dan menelan puluhan ribu jiwa.

Pada Maret, MILF menandatangani kesepakatan bersejarah untuk mengakhiri konflik terlama dan paling mematikan di Asia itu, dan berjanji untuk meletakkan senjata jika diberi wilayah otonomi di selatan Filipina.

Sebagai bagian dari kesepakatan ini, dibentuk komite transisi yang menyusun UU yang mendasari wilayah otonomi itu.

Jurubicara kepresidenan Abigail Valte mengatakan rancangan UU itu akan menjawab tantangan hukum dari kelompok yang menentang perjanjian damai itu.

“Beberapa kelompok sudah menyatakan niat mereka untuk menantang UU Dasar Bangsamoro,” kata Valte.

“Panel telah meyakinkan bahwa mereka memiliki panduan hukum yang sesuai sementara (RUU) disusun dan bahwa UU itu siap menghadapi pemeriksaan ketat,” tambah dia.

Aquino mengatakan ia akan mengajukan RUU tersebut kepada Kongres sehingga badan legislatif itu bisa meloloskannya, idealnya pada akhir tahun ini.

Ini akan memberi cukup waktu untuk mengambil langkah lain seperti pemungutan suara lokal untuk menentukan bagian mana di negara tersebut yang akan dimasukkan dalam wilayah otonomi.

Pemerintah berharap seluruh proses tersebut akan selesai sebelum presiden turun jabatan pada pertengahan 2016.

Mindanao adalah kawasan di Filipina selatan yang berpenduduk mayoritas Muslim. Lebih dari 5 juta warga Muslim di sana membentuk sekitar 8 persen dari total penduduk Filipina yang mayoritas Katolik. (mel/afp/onislam.net/localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org).*

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *