Beranda > PROFIL

PROFIL

ddhk logoDompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. adalah salah satu Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia).

Dompet Dhuafa Hong Kong didirikan tahun 2004 dan mendapatkan pengesahan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial (nonprofit) dan aktivitas kegamaan (religious activities) dengan nama DOMPET DHUAFA ASSOCIATION LIMITED.

Legalitas DDHK dikukuhkan melalui CERTIFICATE NO. 35688231-000-04-10-8 oleh AUDITOR HONG KONG.

Selain di Hong Kong, Dompet Dhuafa memiliki sejumlah cabang di Jepang (DD Jepang), Australia (DD Australia), dan di berbagai wilayah di tanah air, yakni DD Harian Aceh, DD Singgalang, DD Banten, DD Jabar, DD Jogja, DD Jatim, DD Kaltim, DD Sulsel, DD Australia, Peduli Umat Waspada Medan, DSNI Amanah Batam, DSIM Palembang, Pondok Zakat Shoutul Fitrah Jambi, Lampung Peduli, Dompet Sosial Madani (DSM) Bali, DASI NTB, Radar Banjar Peduli, dan Dompet Ummat Kalbar

Selain sejumlah cabang dan perwakilan, DD juga memiliki sejumlah jejaring (networking) program, yaitu LPS, DD Travel, BMT Center, DD Livestock, Institut Kemandirian, Masyarakat Mandiri, Kampoeng Ternak, Tebar Hewan Kurban, Tabung Wakaf Indonesia, Lembaga Pelayan Masyarakat, Lembaga Pengembangan Insani, Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKCC), Indonesia Magnificence Of Zakat, dan Rumah Sehat Terpadu.

Dompet Dhuafa didirikan oleh sejumlah wartawan Harian Umum Republika (Jakarta) untuk menghimpun zakat, infak, dan sedekah (ZIS) dan mendayagunakannya untuk kepentingan kaum dhuafa dan umat Islam pada umumnya.

Sejak kelahiran Harian Umum Republika awal tahun 1993, para wartawannya aktif mengumpulkan zakat 2,5% dari penghasilan. Dana tersebut disalurkan langsung kepada kaum dhuafa yang kerap dijumpai dalam tugas peliputan.

DD tercatat di Departemen Sosial RI sebagai organisasi yang berbentuk Yayasan. Pembentukan yayasan dilakukan di hadapan Notaris H. Abu Yusuf, SH tanggal 14 September 1994, diumumkan dalam Berita Negara RI No. 163/A.YAY.HKM/1996/PNJAKSEL.

Tanggal 8 Oktober 2001, Menteri Agama RI mengukuhkan Dompet Dhuafa sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) tingkat nasional dengan SK No. 439 Tahun 2001.

KANTOR PUSAT DOMPET DHUAFA
Perkantoran Ciputat Indah Permai Blok C 28- 29, Jln. Ir. H. Juanda No. 50 Ciputat – 15419, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
Phone : +62 21 7416040 (Hunting) Fax : +62 21 7416070 Call Center : +62 21 7416050

ALAMAT DOMPET DHUAFA HONG KONG
Office:  116 Leighton Road, Flat D, Lei Shun Court 3/F, Causeway Bay, Hong Kong. Phone 31194707; 6464 2555 (WA/SMS)

PROGRAM & SERVICES:
:: CORE PROGRAM

  1. Pendidikan dan Keterampilan –bagi para perantau untuk mengasah life skill sehingga siap mandiri atau mengembangkan diri dan membuka usaha ketika pulang ke Indoenesia.
  2. Pelayanan dan Bantuan Kesehatan –bagi perantau yang sakit.
  3. Sosial Kemanusiaan –seperti menggalang dana bagi bantuan bencana dan korban perang.
  4. Ekonomi Kemandirian –pengembangan kewirausahaan di kalangan perantau.
  5. Advokasi & Media –pelayanan Muzaki dan Mustahiq, konsultasi, dan media komunikasi.

:: UNIT PELAKSANA

  1. Majalah IQRO (terbit sebulan sekali, infak HKD 10)
  2. FAT CHOI – Kurban dan Akikah
  3. LKT – Layanan Kesehatan Terpadu, meliputi medis dan alternatif [bekam, ruqyah, gurah, akupunktur, dll.]
  4. Koperasi Buku 2,5% – Program Kewirausahaan Migrant Usaha Mandiri
  5. LPTQ DD Hong Kong –Lembaga Pengembangan Tilawah Quran.
  6. ULIL ALBAB –Human Resourches, Pengembangan dan “pasokan” SDM bagi kalangan organisasi perantau di Hong Kong.
  7. Rumah Berkah –Kantin/kafe bagi praktik usaha restoran/rumah makan sekaligus penyediaan Halal Food bagi perantau.
  8. MIGRANT INSTITUTE –semacam “universitas” bagi perantau untuk pengembangan diri di bidang keterampilan/kursus komputer, menjahit, bahasa Inggrir & Mandarin, Tata Rias, dll.
  9. Volunteer DD –pasukan siap guna untuk mengumpulkan zakat dan membantu pelaksanaan program-program DD di lapangan.
  10. Perantau Indonesia –Rumah Perantau Indonesia, pelaksana program ekonomi kemandirian.
  11. LPAM –Lembaga Pelayanan dan Advokasi Migrant.
  12. Shelter Iqro DDHK–tempat bernaung BMI/TKI bermasalah*

Lihat Profil Unit Pelaksana Program DDHK

19 thoughts on “PROFIL

  1. Akhirnya ketemu lagi dengan web ini. Dulu pernah berkunjung kesini sewaktu ada minat kerja sebagai TKI di hongkong. Apakah laki2 bisa kerja di hongkongnya Mod?

  2. Q mau nanya tentang hadis.
    Berikanlah kepada buruh upahnya sebelum kering keringatnya…itu hadis riwayat abu ya’la apa ibnu majah

  3. Assalamu’alaikum… Wr. Wb.
    Mohon bantuan untuk pembangunan sekolah TK Kazzaria, yang konsen diperuntukan membantu anak-anak yatim dan kurang mampu di Kp. Bedeng Rt. 02/01 Desa Pasiripis Kec. Surade Kab. Sukabumi Jabar, INDONESIA 43179. Kami telah menyiapkan proposal lengkap baik versi digital maupun manual. terima kasih.
    Wa’alaikum salam .. Wr. Wb.

  4. Assalamu’alaikum . saya akan ke Hongkong untuk presentasi paper saya dan tanggal 1/10/2014 malam (sekitar jam 18.00 sampai di HK IA. apakah ada penginapan murah untuk saya dan anak laki ;laki saya di dekat kantor DD?saya mendengar ada shelter Iqro. apakah kami bisa tingga beberapa hari di shelter ini? terimakasih.

    1. waalaikum salam wr wb. Shelter Iqro DDHK adalah tempat penampungan sementara BMI bermasalah. Silakan Bapak datang ke kantor kami untuk keperluan penginapan dimaksud. Alamat kantor kami ada di footer di website ini, terima kasih…..

    1. Wa’alaikum salam wr wb. Tidak ada Mbak, ada juga setara D1, di Migrant Institute, untuk S1 (Sarjana), ukhti bisa kuliah di Universitas Terbuka Hong Kong (UTHK)

    1. Wa’alaikum salam wr wb. Catatan sipil mencatat pernikahan yang dilakukan sesuai dengan agama/keyakinan pasangan. Jadi, tidak mungkin pihak catatan sipil sembarangan mencatat. Dengan demikian, tidak dikenal “menikah di catatan sipil”. Menurut Islam, syarat sah nikah adalah (1) adanya keridhaan dari kedua mempelai, dalam artian pernikahan tidak dilakukan dalam keadaan terpaksa; (2) adanya mahar (mas kawin) dari pihak lelaki kepada pihak wanita, (3) adanya wali bagi mempelai wanita; (4) adanya dua saksi; dan (5) Ijab (penyerahan wali pengantin wanita) dan Qabul (penerimaan dari pengantin pria). Wallahu a’lam

    1. Hong Kong termasuk negara yang membebaskan visa ataupun bisa mendapat “visa on arrival” (mendapat visa di bandara setempat) bagi pemegang paspor indonesia. Warga Negara Indonesia dapat mengunjungi Hong Kong & Macau selama 30 hari tanpa visa, namun visa diperlukan untuk mereka yang akan bekerja, belajar, menjalani latihan atau tinggal menetap.

  5. BISMILLAHI, … MAAF LHR BTN !
    ” SALAM ”’
    RIBUAN LANGKAH KAU TAAAAAAPAKI, PELOSOK NEGRI NGI KAU SAMBANGI, TANPA KENEL LELAH JEMU SAMPAIKAN FRMAN TUHANMU, …. SEMUA MAHLUK BERTASBIH LIMPAHKAN RAHMAT ATASMU, SEMUA MAHLUK BERDOA MOHONKAN AMPUN PADAMU, … AMIN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *