Beranda > PROFIL > Sejarah DD

Sejarah DD

Sejarah Dompet Dhuafa

logo ddKehadiran Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) tidak lepas dari kehadiran Dompet Dhuafa (DD) Republika sebagai “pelopor” DD di sejumlah daerah, termasuk di luar negeri.

Dompet Dhuafa Republika adalah lembaga nirlaba milik masyarakat indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infaq, Shadaqah, Wakaf, serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga).

Kelahirannya berawal dari empati kolektif komunitas jurnalis yang banyak berinteraksi dengan masyarakat miskin, sekaligus kerap jumpa dengan kaum kaya. Digagaslah manajemen galang kebersamaan dengan siapapun yang peduli kepada nasif dhuafa.

Empat orang wartawan yaitu Parni Hadi, Haidar Bagir, S. Sinansari Ecip, dan Eri Sudewo berpadu sebagai Dewan Pendiri lembaga independen Dompet Dhuafa Republika.

LEGALITAS DD
Sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku, DD tercatat di Departemen Sosial RI sebagai organisasi yang berbentuk Yayasan.

Pembentukan yayasan dilakukan di hadapan Notaris H. Abu Yusuf, SH tanggal 14 September 1994, diumumkan dalam Berita Negara RI No. 163/A.YAY.HKM/1996/PNJAKSEL.

LEGALITAS DD HONG KONG

  • CABANG DOMPET DHUAFA REPUBLIKA :: SK AGAMA NO. 439 Tahun 2001.
  • DOMPET DHUAFA HONG KONG :: DOMPET DHUAFA ASSOCIATION LIMITED :: RELIGIOUS ACTIVITIES
  • CERTIFICATE NO. 35688231-000-04-10-8

AWAL KEHADIRAN
Sejak kelahiran Harian Umum REPUBLIKA awal 1993, wartawannya aktif mengumpulkan zakat 2,5% dari penghasilan. Dana tersebut disalurkan langsung kepada dhuafa yang kerap dijumpai dalam tugas.logo-dompet-dhuafa.gif

Dengan manajemen dana yang dilakukan pada waktu sia-sia, tentu saja penghimpunan maupun pendayagunaan dana tidak dapat maksimal.

Dalam sebuah kegiatan di Gunung Kidul Yogyakarta, para wartawan menyaksikan aktivitas pemberdayaan kaum miskin yang didanai mahasiswa. Dengan menyisihkan uang saku, mahasiswa membantu masyarakat miskin. Aktivitas sosial yang telah dilakukan sambilan di lingkungan REPUBLIKA pun terdorong untuk dikembangkan.

Apalagi kala itu, masyarakat luas telah terlibat menyalurkan ZISnya melalui DD. Sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku, DD tercatat di Departemen Sosial RI sebagai organisasi yang berbentuk Yayasan.

Pembentukan yayasan dilakukan di hadapan Notaris H. Abu Yusuf, SH tanggal 14 September 1994, diumumkan dalam Berita Negara RI No. 163/A.YAY.HKM/1996/PNJAKSEL.

Berdasarkan Undang-undang RI Nomor 38 Tahun 1999 tentang Pengelolaan zakat, DD merupakan institusi pengelola zakat yang dibentuk oleh masyarakat. Tanggal 8 Oktober 2001, Menteri Agama Republik Indonesia mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 439 Tahun 2001 tentang PENGUKUHAN DOMPET DHUAFA REPUBLIKA sebagai Lembaga Amil Zakat tingkat nasional.

SEJARAH DD HONG KONG

ddhk logoDD Hong Kong didirikan tahun 2004.

Awal kegiatan Dompet Dhuafa di Hong Kong adalah sekitar tahun 1999, ketika ada organisasi Islam di HK yang mengundang DD Repubilika (Pusat) untuk hadir dalam kegiatan dakwah. Hasil kegiatan DD di HK membuat DD tergerak untuk berkiprah lebih dalam untuk melakukan program-progam dakwah, pemberdayaan, dan pendidikan untuk BMI HK.

Sekitar tahun 2003, dibuatlah Divisi Program di DD bernama SPM (Sahabat Pekerja Migrant) yang fokus pada empat hal, yaitu dakwah, pendidikan, advokasi, dan pemberdayaan. Untuk mendukung kegiatan dan mensinergikan program SPM yang fokus di bidang sosial, maka DD Pusat (Jakarta) merasa perlu membuat sebuah unit bisnis untuk mendukung program di Hong Kong. Maka dibuatlah program remittance.

Waktu itu DD melakukan kerjasama dengan mitra bisnis di Hong Kong untuk membuat remittance, dengan mengirim Mohommad Toriq tahun 2003. Dalam perjalanannya, ternyata kegiatan remittance kurang berhasil karena terkait banyak hal.

Tahun 2004, dilakukan analisis ulang kegiatan remittance dan dihasilkan rekomendasi untuk menutup kegiatan remittance dan beralih fokus ke dunia dakwah,  pendidikan, dan pemberdayaan yang sangat dibutuhkan oleh para BMI HK.

Maka dilanjutkan pembuatan izin pendirian Dompet Dhuafa. Dompet Dhuafa Association Limitted pun mendapatkan izin dengan komposisi pendiri (Direktur): Yacob Ali (Islamic Union of Hong Kong) –karena aturan di HK mempersyaratkan harus ada permanent residence, Rahmad Riyadi, Ahmad Juwaini, Jamil Azzaini, dan Herman Budianto.

Sejarah DD di HK dilanjutkan oleh Imazgie Togie tahun 2005-2008, disambung  oleh Abdul Ghofur (2008-2012), Ahmad Fauzi Qosim (2012-2013), dan Rovi Octaviano (2013-sekarang).

Ribuan Buruh Migran Indonesia (BMI) atau TKI/TKW di Hong Kong telah menerima manfaat DDHK dari program Shelther yang dibina, juga program-program pendidikan, pelatihan, dan dakwah lainnya.DDHK mencakup seluruh program, dari program pendidikan, ekonomi, kewirausahaan, advocacy, kesehatan, media, dan kemandirian. Tujuan program- program pemberdayaan tersebut untuk melatih para BMI agar mereka sukses di rantau dan mandiri di negeri sendiri.

Selain menyalurkan dana untuk pemberdayaan di Hong Kong , DDHK juga menyalurkan bantuan kepada fakir miskin yang ada di Indonesia, di kampung halaman para BMI yang notabene kekurangan.

Dari sisi SDM volunteers DDHK dan donaturnya juga bertambah. Saat ini ada sekitar 20 ribu lebih donatur dan ada dua personil tetap kesehariannya di DDHK.

Unit Pelaksana DDHK

Kedekatan DDHK dengan BMI HK tidak bisa diragukan lagi. Operasional program-program DDHK bisa dikatakan sepenuhnya dilaksanakan oleh para relawan (volunteer) yang tak lain adalah BMI HK sendiri yang memanfaatkan hari libur, bahkan “curi-curi” waktu pada hari kerjanya –umumnya BMI HK bekerja sebagai “domestic helper” alias pembantu rumah tangga.

Kini sedikitnya ada 11 Unit Pelaksana atau Divisi yang menjadi pelaksana teknis program DDHK, yaitu:

  1. Shelter Iqro’
  2. Majalah Iqro’
  3. Fat Choi (Kurban dan Akikah)
  4. Layanan Kesehatan Terpadu (LKT)
  5. Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ)
  6. Ulil Albab
  7. Volunteer DDHK
  8. Migrant Institute DDHK
  9. Rumah Perantau Indonesia (Peri)
  10. Lembaga Pelayanan dan Advokasi Migran (LPAM)
  11. DDHK Travel

(ed/ddhongkong.org).*

2 thoughts on “Sejarah DD

  1. Assalammualaikum,

    Saya mau bertanya tentang cara menikah di hongkong, saya ada di jepang kebetulan punya pacar dihongkong karean belum ada jadwal cuti pulang, kami berkeinginan nikah di hongkong, pacar saya janda. Syaratnya apa Ya? Kalau bisa saya minta no telpon DD di hongkong atau alamat email untuk bisa konsultasi mengenal hal ini.

    Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *