Wednesday, September 19, 2018
Beranda > Dunia Islam > Queens College Inggris Luncurkan Museum Islam Online

Queens College Inggris Luncurkan Museum Islam Online

Untuk menjembatani kesenjangan budaya antara Islam dan Barat yang kian merenggang setelah peristiwa 9/11, Queens College Cambrige, Inggris, memperkenalkan “guru baru” dalam studi Islam dan sebuah museum seni Islam online.

Disponsori Prof. Nasser D. Khalili, museum seni Islam itu akan fokus secara khusus pada seni umat Islam di seluruh zaman. Khalili, asli Iran dan alumni Queens College, menyumbangkan dana US$ 200.000 demi cita-cita mulianya untuk meningkatkan kerukunan antarbangsa di dunia.

Khalili adalah salah satu pendiri dan ketua Maimonides Foundation London yang mempromosikan perdamaian dan pemahaman di antara tiga agama monoteistik: Yudaisme, Islam, dan Kristen.

“Alasan saya bekerja begitu keras untuk mengangkat kebudayaan Islam adalah karena saya selalu percaya bahwa senjata pemusnah massal yang sesungguhnya adalah ketidaktahuan,” kata Khalili seperti dikutip queenscourier.com (18/7). “Sekali Anda mengatasi hal itu, Anda telah memecahkan banyak masalah.”

Museum online bernama Arts of the Islamic World (AIW) itu adalah hadiah dari Shelley and Donald Rubin Foundation. Menurut Donald Rubin, yayasannya dimaksudkan untuk “mendukung karya seni, memenuhi kebutuhan manusia yang mendesak, membela kebebasan, dan mempromosikan keadilan sosial.”

Situs web ini menawarkan tur virtual untuk mengenal seni Islam yang merupakan koleksi pribadi Khalili. Pihak Queens College berharap, AIW akan menciptakan sebuah “komunitas online yang dinamis” dan menghapus persepsi bahwa Islam tidak dapat diketahui.

“Jika ada pemahaman, maka akan ada rasa hormat,” kata Maria Matteo, Asisten Direktur Pelayanan Berita Queens College. (Mel/ddhongkong.org).*

AIW Site: http://www.artsoftheislamicworld.org/aiw.html

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *