Sunday, December 17, 2017
Beranda > Konsultasi Islam > Qurban dan Aqiqah

Qurban dan Aqiqah

AssaLamu’aLaikum. Pak ustadz..seseorang udah prnah qurban 1ekor kamb!ng tp sbnrnya d!a bLum aq!qah? karena ktidaktahuan dia soAL agama”. APAKAH QURBANYA DTRIMA ALLAH ? 087830908XXX

JAWAB: Ketidaktahuan diampuni oleh Allah. Namun, setelah tahu, ia harus bertobat. Kurban ybs diterima Allah asalkan ikhlas dan sesuai dengan sunah –memenuhi ketentuan ibadah kurban.
Akikah adalah sembelihan hewan kurban untuk anak yang baru lahir dan dilakukan pada hari ketujuh. Hukumnya sunnah muakkadah. ”Setiap anak yang dilahirkan itu terpelihara dengan aqiqahnya dan disembelihkan hewan untuknya pada hari ketujuh, dicukur dan diberikan nama untuknya” (HR. Imam yang lima, Ahmad dan Ashabush Sunan, dishohihkan oleh Tirmidzi).
Jika ia tidak memiliki kesanggupan untuk akikah hari ke-7, dibolehkan hari ke-14, 21, atau saat kapan pun ia (orangtua bayi) memiliki rezeki. Imam Syafi’i dan Hambali menyatakan, akikah bisa dilakukan sebelum atau setelah hari ketujuh. Harap diingat, yang bertanggung jawab melakukan akikah adalah sang ayah bayi.*

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *