Sunday, December 17, 2017
Beranda > Featured > Relawan DD Kampanye ‘Food for Gaza’ di Bundaran HI

Relawan DD Kampanye ‘Food for Gaza’ di Bundaran HI

food for gaza_ddDDHK News, Jakarta — Puluhan relawan Dompet Dhuafa (DD) menggelar aksi solidaritas untuk Palestina di Bundaran HI Jakarta, Rabu, (21/11). Mengusung kampanye“Food For Gaza”, mereka mengajak masyarakat di sekitar bundaran HI untuk mendukung dan membantu Palestina.

Dengan membawa bendera Indonesia dan Palestina, mereka menyerukan kemerdekaan Palestina. Menurut mereka, rakyat Palestina seperti rakyat dunia lainnya berhak mendapatkan kemerdekaan. Mereka juga mengajak segenap rakyat Indonesia mendukung Palestina bebas dari kebiadaban Israel.

Menilik kondisi saat ini di Gaza, Dompet Dhuafa selaku lembaga kemanusian menggulirkan program “Gaza Food Bank” untuk memenuhi kebutuhan pangan rakyat Gaza yang selalu tertindas oleh serangan Israel.

Program ini merupakan pengembangan dari program yang digulirkan Dompet Dhuafa sebelumnya di Gaza, yakni  pembangunan kembali pabrik roti yang hancur dihantam roket Israel.

“Dalam kondisi normal saja, warga Gaza sulit mendapatkan makanan, apalagi ketika krisis perang seperti sekarang,” ungkap Direktur Komunikasi Dompet Dhuafa, Arifin Purwakananta.

Arifin menjelaskan, program Gaza Food Bank ini akan diimplementasikan seperti lumbung pangan sebagaimana yang diterapkan pada masa Nabi Yusuf dahulu. Artinya, ketika dalam kondisi krisis, pasokan makanan tetap tersedia bagi masyarakat Gaza.

Konsepnya, terang Arifin, terdapat lembaga yang mewujudkan ketahanan pangan, tidak hanya bertugas saat krisis, yang selalu mengupayakan penyediaan makanan dan kebutuhan nutrisi bagi masyarakat Gaza.

“Saya yakin, lembaga ini akan dapat bertahan, dan memberikan manfaat bagi warga Gaza, baik ketika krisis perang maupun setelahnya,” tukas Arifin.

Selama ini suplai makanan, air bersih dan listrik rakyat Gaza masih mengandalkan pasokan dari Israel dan jalur bawah tanah. Ketika krisis seperti ini, jalur-jalur pasokan makanan digempur oleh Israel yang mengakibatkan masyarakat kesulitan mendapatkan bahan makanan.

Sejak beberapa tahun lalu, selain membangun kembali pabrik roti di Jabaliyah, Dompet Dhuafa telah membangun instalasi air bersih di tiga titik di wilayah Khan Younis, Gaza. (dompetdhuafa.org).*

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *