Wednesday, August 15, 2018
Beranda > Dunia Islam > Relawan Masjid Inggris Bantu Muslim Bosnia

Relawan Masjid Inggris Bantu Muslim Bosnia

Sebelas pemuda Muslim Inggris melakukan perjalanan ke Bosnia-Herzegovina minggu ini untuk tinggal dan bekerja selama sebulan dengan keluarga korban yang selamat dari genosida (pembantaian masal) oleh tentara Serbia.

Kelompok pemuda berusia antara 17-28 tahun itu, lima perempuan dan enam pria, akan tinggal di sekitar Srebrenica, lokasi pembantaian terburuk di Eropa sejak Perang Dunia Kedua. Lebih dari 8.000 Muslim, termasuk anak-anak, dibunuh dan mayat-mayat mereka masih ditemukan sampai hari ini.

Ke-11 relawan Muslim itu akan tinggal bersama korban yang selamat dari genosida, sebagai bagian dari proyek yang dijalankan oleh MADE di Eropa.

Bekerja dengan penduduk desa, mereka akan menyiapkan pertanian strawberry, yang akan menjadi sumber penghidupan bagi keluarga setempat yang kehilangan segalanya selama konflik Bosnia-Serbia.

Salah seorang relawan, Halima Begum, berusia lima tahun saat konflik Bosnia terjadi. “Ini adalah pembantaian yang terlupakan. Anak-anak muda seperti saya bahkan tidak tahu tentang saudara-saudara kita yang tewas dibantai di sana,” katanya.

“Saya ingin pergi dan memberitahu orang-orang Bosnia bahwa mereka tidak dilupakan. Kita adalah satu komunitas global dan penderitaan mereka tidak akan lagi terdengar. ”

Para relawan pergi ke Bosnia sebagai duta Masjid London Timur dan Pusat Komunitas Muslim dan Pendidikan di London Utara. Kedua lembaga Islam itu mendukung mereka dalam penggalangan dana untuk pertanian stroberi.

Sebuah delegasi dari Masjid London Timur akan bergabung dengan sukarelawan untuk memperingati 16 tahun pembantaian di Srebrenica pada 11 Juli.

Para relawan akan mengambil bagian dalam pawai perdamaian selama tiga hari sebelum ulang tahun. Mereka akan bergabung dengan ribuan orang dari seluruh dunia untuk mengenang mereka tewas dalam aksi biadab tentara Serbia tahun 1990-an itu. (Mel/East London Advertiser/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *