Tuesday, November 21, 2017
Beranda > BMI Menulis > Rezeki Lancar Berkah Dari Zakat dan Sedekah

Rezeki Lancar Berkah Dari Zakat dan Sedekah

BMI Hong Kong alhamdulillah

Namaku Rere. Aku adalah bekerja sebagai BMI (Buruh Migrant Indonesia) Hong Kong. Sudah empat tahun lebih aku mengais rezeki di negeri beton ini. Hiruk pikuk kehidupan di Hong Kong yang dulu terasa asing kini sudah begitu akrab bagiku sudah aku anggap sebagai rumah kedua. Pengalaman kerja bagaimana rasanya hidup satu atap dengan orang lain (majikan) memang membutuhkan kesabaran. Harus bisa adaptasi dan menyesuaikan diri dengan keluarga majikan.

Hong Kong adalah tempat tujuan pertama kali aku bekerja. Waktu itu aku bekerja di daerah Tuen Mun. Banyak angan-angan indah terlintas dibenakku tetapi pada kenyataannya untuk sukses itu memang membutuhkan pengorbanan yang tidak mudah.

Kontrak pertamaku hanya berjalan selama tujuh bulan, otomatis selesai potongan tujuh bulan selesai sudahlah kontrak kerjaku.
Aku ngebreak (memutus kontrak sepihak) kontrak karena aku tidak tahan untuk merawat orang yang bisa dibilang mempunyai sedikit gangguan jiwa.
Sebenarnya aku bisa saja sabar meskipun waktu liburku yang selalu dipotong dan tidak diganti uang serta gaji yang selalu tidak tepat waktu.

Puncaknya gara-gara aku salah naruh sepatu, majikanku kalap. Aku dipukul pakai sepatu dan kepalaku memar. Aku takut dan tidak berselang lama aku telfon agent. Oleh agent aku disuruh ke kantor tetapi tidak boleh sama majikan.
Sejak kejadian itu majikanku semakin menjadi, kemana-mana aku selalu diantar bahkan untuk buang sampah pun majikan rela menemani.
Kalau majikan sedang pergi pintu selalu terkunci dari luar. Bahkan aku pernah dikurung di dalam rumah selama sebulan sewaktu majikan pergi untuk jalan-jalan.

Daripada bekerja dalam tekanan lebih baik aku memutuskan break kontrak. Setelah majikan memberikan semua hak-hak ku, aku pun pindah kerja tepatnya di daerah Yuen Long.

Majikanku yang kedua ini sebenarnya bisa dibilang baik tidak kasar dan tidak main tangan hanya saja kerjaannya memang sangat capek. Aku bekerja di majikan ini selama empat tahun. Aku hanya kepingin libur dengan santai untuk melepas lelah, tetapi majikanku selalu menginginkan setiap aku libur bangun pagi kerja, keluar siang dan pulang jam lima sore untuk masak. Terlambat lima belas menit saja majikan marah-marah.

Memang aku akui dulu aku jarang sedekah apalagi zakat. Mungkin ini adalah teguran dari Allah untukku.
Dulu aku tidak tahu kemana uang gaji hasil kerjaku keluar masuk tidak karuan.

Aku mempunyai seorang teman, kami bertemu di Macau sewaktu kami sama-sama menunggu visa kerja. Dia selalu mengingatkanku tentang sedekah dan zakat. Memang aku akui aku jarang sekali zakat dan sedekah. Setelah aku mengikuti sarannya, pelan-pelan setiap bulan aku mengeluarkan zakat.

Kini rezekiku mengalir dengan lancar, majikanku yang ketiga sangat baik. Setiap minggu aku bisa mengikuti kegiatan taekwondo, aku bisa membiayai adikku sekolah sampai STM dan aku bisa membeli sawah.

Sungguh sedekah di saat susah, Allah menggantinya dengan berlipat-lipat. (dompetdhuafa.org)

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *