Sunday, August 20, 2017
Beranda > Hong Kong > Rumah Baca Lentera Qalbu (RBLQ) Berdayakan BMI HK Lewat Buku

Rumah Baca Lentera Qalbu (RBLQ) Berdayakan BMI HK Lewat Buku

Rumah Baca Lentera Qalbu (RBLQ) Tsim Tsa Tsui, Hong Kong, perpustakaan buku yang beroperasi sejak setahun lalu, turut andil dalam pemberdayaan Buruh Migran Indonesia Hong Kong (BMI HK) dalam bidang pendidikan, dalam hal ini penyediaan bahan bacaan (buku).

Beralamat di samping mesjid TST HK dan di dalam mesjid sebelah tangga, perpustakaan RBLQ didirikan oleh dua BMI asal Banyumas,  Annie Ramadhani, dan sang adik, Sofiana.

Program kegiatannya adalah meminjamkan buku kepada kawan BMI HK dengan jangka waktu dua minggu atau satu bulan dan infak seikhlasnya, serta mengumpulkan Zakat Mal untuk disalurkan secara bergilir ke kampung halaman di tanah air yang memerlukan.

Alasan memilih lokasi di TST, menurut Annie, karena belum ada perpustakaan yang beroprasi di TST, tidak seperti Causeway Bay.

RBLQ juga ada di Yuen Long –pemenang penjualan Majalah Iqro DDHK terbanyak—yang diketuai oleh Mba Sujinah. “Saya terinspirasi untuk mendirikanya di TST, dulu sempat beroperasi di Causeway Bay, tapi di sana sudah banyak perpustakaan, dan jika ingin sholat tidak semudah di TST,” kata Annie.

“Istilahnya, di sini, di depan, tempat shalat (masjid) dan belakang tempat maksiat (Kowloon Park). Kita berharap melalui membaca buku, banyak kawan BMI yang mendapat pencerahan,” ujar Annie yang belum lama ini menjadi pemenang kategori penjualan tiket DDHK terbanyak dalam acara Panggung Ramadhan DDHK 1432 H.

“Tantanganya yaitu masalah beroprasi. Kami sering digrebek pihak imigrasi yang sedang patroli karena dikira kita memperjualbelikan buku, padahal tidak. Sempat juga waktu itu koper kami disita. Untungnya, tidak mendapat sanksi hukum. Sering sekali kami dipaksa bubar oleh petugas. Tapi itu tak membuat semangat kami surut karena kami percaya Allah akan tetap melindungi,” paparnya.

Annie Ramadhani: "Baca buku itu beda dampaknya dengan mendengarkan tausiyah."

Annie berharap banyak BMI HK bisa memperluas pengetahuan dan bisa menjadi pribadi yang lebih baik. “Pengalaman pribadi saya, baca buku itu beda dampaknya dengan mendengarkan tausiyah. Banyak ‘kan dari kita yang keluar dari pengajian, tapi sudah lupa dengan apa yang disampaikan. Nah, melalui membaca buku, kita bisa mendalami dan menghayati berkali-kali,” jelasnya.

“Kami sangat welcome kepada semua kawan BMI, termasuk kawan-kawan yang tomboy. Kami tidak memberi skat dan semoga ini bisa jadi sedekah ilmu yang memberi manfaat, tanpa mengurangi pahala bagi kita semua,” pungkasnya. (Anita Sri Rahayu/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan. Profil Selengkapnya
http://www.localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org/

2 thoughts on “Rumah Baca Lentera Qalbu (RBLQ) Berdayakan BMI HK Lewat Buku

  1. assalamuallaikum wr. wb
    luar biasa itu yang saya tangkapdr artikel diatas, saya berada di tanah air ikut bangga dengan perjuangan tersebut.. tetapi bukannya rumah mbak annie dah anna berada di BANYUWANGI JAWA TIMUR……… Kok tertulis di BANYUMAS JAWA TENGAH…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *