Monday, October 23, 2017
Beranda > Hong Kong > Salikul Lail BMI HK Laksanakan Kegiatan pada Malam Hari

Salikul Lail BMI HK Laksanakan Kegiatan pada Malam Hari

Pengajian Malam Salikul Lail (SL), organisasi Muslimah Buruh Migran Indonesia Hong Kong (BMI HK), memiliki kegiatan mengaji, mendalami Al-Qur’an, serta dakwah. Kegiatan belajar dilakukan pada malam hari, mulai jam 11 hingga jam 1 dinihari.

Diketuai BMI asal Trenggalek Jatim, Bunda Salamah, anggota tetap SL saat ini sekitar 30 orang, tidak tetap, dan tidak terbatas. Pada hari libur SL memusatkan kegiatannya di dekat lapangan basket Victoria, Causeway Bay. Mereka menyebutnya “markas DPR” (Di bawah Pohon Randu).

SL resmi berdiri dua tahun lalu dan memiliki empat orang pembimbing dari Indonesia, salah satunya pencetus buku Asmaul Husna dan Mujahadah, H. Amdjad Al-Hafidh dari Semarang.

Program kegiatan haria SL yaitu pembahasan Al-Qur’an bersama di malam hari, mulai Senin hingga Jum’at via online/teleconference dengan pembimbing di Indonesia. Dalam program mingguan para anggota tidak terikat untuk hadir, namun selalu diadakan pertemuan tiap minggu ketiga.

Program bulanan yaitu mengaji atau bergabung mengisi pengajian organisasi lain. Acara tahunannya mengundang para pembimbing mereka dan menggelar pengajian akbar, seperti yang akan diselenggarakan hari Minggu 13 November mendatang.

Ide pendirian SL muncul dari sang pendiri, Bunda Salamah, agar BMI HK bisa memanfaakan waktu istirahat pada hal yang positif.

“Dulu pengalaman sendiri ya, kalau malam ngobrol ngalor-ngidul sampai larut, tanpa ada manfaat. Sai-sai (menghamburkan) pulsa ‘kan?,” katanya.

“Terus saya dengan teman punya ide untuk mengkaji Al-Qur’an dan mencari pembimbing dari pesantren di Indonesia. Akhirnya lahirlah organisasi ini. Salikul Lail artinya perjalanan malam menuju kebaikan. Termotivasi dari nama ini, tentunya visi kami adalah dakwah dan mendalami Al-Qur’an. Setiap ayat kita pahami dan berusaha mengamalkanya.”

Bunda Salamah berharap, para anggota SL bisa menjadi insan yang lebih baik dan memahami setiap arti ayat-ayat Allah. (Anita Sri Rahayu/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

One thought on “Salikul Lail BMI HK Laksanakan Kegiatan pada Malam Hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *