Sanggar Budaya BMI HK Lestarikan Seni Budaya Bangsa

Sanggar Budaya adalah organisasi Buruh Migran Indonesia di Hong Kong (BMI HK) yang kegiatanya berfokus pada bidang seni dan budaya. Berdiri tahun 1995, Sanggar Budaya merupakan binaan Konsulat Jenderal Republik Indonesia Hong Kong (KJRI HK) dan termasuk anggota dari Koalisi Tenaga Kerja Indonesia di Hong Kong (KOTKIHO). Tempat kegiatan di Lantai 10 Gedung KJRI HK.

Menurut Humas Sanggar Budaya, Awin (53980049), program kegiatan Sanggar Budaya setiap Minggunya ialah bergerak di bidang seni tari dan kegiatan sosial. Seni tari yang biasa mereka pentaskan adalah Tari Saman, Tari Merak/Cendrawasih, Tari Jaipong, Tari Kembang Girang, dan lain-lain.

”Tujuan Sanggar Budaya adalah melestarikan budaya bangsam meski berada di negeri orang,” ujarnya. ”Tantangan menjadi pengurus Sanggar Budaya, meski di bilang katrok, norak, tapi tetap bangga bisa melestarikan budaya tradisional Indonesia.”

Awin juga mengatakan, ada sekitar 150 orang (BMI HK) yang aktif di Sanggar Budaya. Dana oprasional berasal dari iuran bulanan anggotaHKD 20 dan uang kas hasil dari honor pentas.

Biasanya Sanggar budaya mendapat undangan untuk pentas di acara acara yang diadakan oleh organisasi BMI HK dan mengisi undangan pentas untuk acara KJRI HK . “Kami sangat senang banget bila ada yang mau bergabung dengan Sanggar Budaya dan silakan hubungi saya,” imbuh Awin. (Tati Tia Surati/Hong Kong).*

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*