Tuesday, November 21, 2017
Beranda > BMI Menulis > Satu Pena Sejuta Bahagia

Satu Pena Sejuta Bahagia

pelatihan jurnalistik ddhk

* Catatan Pelatihan Jurnalistik DDHK

pelatihan jurnalistik ddhkApakah arti dari sebuah bahagia? Apakah dengan harta berlimpah, istri yang cantik, rumah mewah, perusahaan yang banyak ataupun mempunyai banyak anak yang pintar bisa dikatakan bahagia?

Ataukah seorang tukang becak yang berpenghasilan dua puluh ribu rupiah sehari yang kemudian menyumbangkan separo penghasilannya ke kotak amal masjid? Tidak ada yang bisa mengartikan arti bahagia kecuali diri sendiri. Karena hati berbeda beda dan pilihan pun berbeda beda itulah makna dari bahagia.

Hidup adalah sebuah pilihan, begitu juga dengan pekerjaan. Salah satunya adalah bekerja menjadi seorang jurnalis.

Banyak orang yang berprofesi sebagai jurnalis (wartawan) meskipun pada kenyataannya seorang jurnalis tidak selalu bahagia karena di dalamnya penuh dengan tantangan dan hambatan.

Meskipun memang sudah menjadi risiko setiap pekerjaan pasti selalu banyak rintangan. Semua itu akan bisa diatasi dengan satu syarat yaitu laksanakan kewajiban.

Di mana pun kita berada dan apapun profesi kita apabila dilakukan sesuai dengan kewajiban pasti akan memperoleh kebahagiaan.

Demikian disampaikan Jupetra Panji Utama dalam pelatihan jurnalistik yang diadakan oleh Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) Minggu 19 Oktober 2014. Acara yang dimulai pukul 9:30 dan berakhir pukul 17:00 itu berlangsung sangat menyenangkan, diselingi dengan tontonan film pendek yang nantinya para peserta mengambil hikmah di dalamnya, menambah semangat para peserta untuk tetap setia sampai akhir acara.

Dikemukakannya, jurnalistik sendiri yaitu segala bentuk kegiatan yang dilaksanakan dan sarannya digunakan dalam mencari, memproses,dan menyusun berita serta ulasan mengenai berita sehingga mencapai publik melalui media massa.

“Alur materi jurnalistik harus jelas mulai dari pengertian, tekhnik, pengertian berita, pencarian berita,maupun pengumpulan bahan baku dan penulisan berita,” tambahnya.

“Setiap orang mempunyai hobi sesuai dengan hati masing masing. Mulailah dengan menulis apa pun itu, entah kisah sedih atau bahagia.”

Diselingi dengan tanya jawab dan pembagian souvenir, acara pun ditutup.

Diharapkan, acara bisa membuka wawasan yang lebih luas dan tentunya semangat untuk terus menulis hal hal yang positif agar bisa bermanfaat bagi orang banyak.

Satu yang perlu diingat adalah seorang penulis harus bisa menegakan amar ma’ruf nahi munkar. (mini/bmi hong kong/localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org).*

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *