Sunday, December 17, 2017
Beranda > Dunia Islam > Saudi Larang Semua Bentuk Aksi Demo

Saudi Larang Semua Bentuk Aksi Demo

DDHK News –Arab Saudi melarang semua bentuk aksi demonstrasi dan menilainya sebagai aktivitas ilegal. Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi menyatakan, peraturan kerajaan melarang semua bentuk demonstrasi, long march, dan pendudukan karena berlawanan dengan syariah Islam serta nilai-nilai masyarakat Saudi.

Dalam pernyataan yang disiarkan melalui televisi itu disebutkan, polisi diizinkan secara hukum mengambil tindakan apa pun yang dibutuhkan atas para pelanggar hukum.

Bulan lalu Raja Abdullah mengumumkan serangkaian tunjangan dalam upaya yang tampaknya dimaksudkan untuk melindungi kerajaan Saudi dari gerakan perlawanan antipemerintah yang menyebar di negara-negara Arab.

“Undang-undang di kerajaan melarang dengan tegas berbagai bentuk aksi demonstrasi, pawai dan aksi duduk, karena tindakan itu melanggar hukum Syariah serta norma dan tradisi masyarakat Saudi,” demikian pernyataan Kementerian Dalam Negeri.

Pengumuman itu menyusul serangkaian aksi unjuk rasa oleh kelompok minoritas Syiah di Provinsi Timur yang kaya minyak.

Aksi unjuk rasa itu menuntut pembebasan para tahanan yang menurut para demonstran ditahan tanpa diadili.

Pengumuman mengenai larangan protes itu dikeluarkan setelah Raja Abdullah minggu lalu kembali ke ibukota, Riyadh, setelah beberapa bulan dirawat di rumah sakit di Amerika Serikat dan berisitrahat di Maroko.

Pekan lalu ratusan pengikut Syiah melakukan protes di Arab Saudi timur, menuntut pembebasan seorang imam syiah Syeikh Tawfiq al Aamer dan sejumlah tahanan lain. Ratusan orang berdemo menuntut hal yang sama di kota Al Hufuf dan Al Qatif, namun demonstrasi berhasil dibubarkan polisi.

Lewat facebook, para aktivis menyerukan peringatan Hari Kemarahan pada 11 Maret dan Revolusi Saudi 20 Maret mendatang. Hal ini menyusul sejumlah petisi dari para intelektual dan aktivis yang dialamatkan kepada Raja Abdullah, menuntut reformasi. Yang dituntut antara lain pembentukan monarki konstitusional, pemilu, dan perbaikan hak-hak perempuan.

Gelombang demonstrasi tersebut juga mengikuti rangkaian demonstrasi di pelbagai negara Arab yang marak terjadi. (Mel/BBC/ANP/AFP/RNW).*

DDHK News

DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *